Semua Atlet Akan Diakomodir

SOREANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung memastikan tidak ada perbe­daan apalagi diskriminasi dalam pembinaan olahraga umum dan disabilitas. Terle­bih prestasi dan potensi olah­raga disabilitas di Kabupaten Bandung saat ini sangat besar.

Wakil Bupati Bandung Gun Gun Gunawan mengatakan, dirinya melihat banyak se­kali bibit-bibit atlet disabilitas (paralimpian) asal Kabupaten Bandung yang bisa menjadi andalan nasional di masa depan.

”Kami berharap paralimpian Kabupaten Bandung bisa berkontribusi besar untuk Jabar di Peparnas XVI 2020 Papua serta mewakili Indo­nesia di ASEAN dan Asian Paragames,” Jelasnya disela-seala menerima kunjungan pengurus dan atlet National Paralympic Committee of Indonesia (NPCI) Kabupaten Bandung di rumah dinasnya, Rabu (22/5/2019).

Menurut Gun Gun, pihaknya akan terus meningkatkan dukungan pembinaan olah­raga disabilitas melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dis­pora). Namun ia pun menga­jak semua unsur di masyara­kat untuk ikut mendukung pembinaan olahraga disabi­litas Kabupaten Bandung.

”Pembinaan olahraga disa­bilitas memang tanggung jawab pemerintah. Namun kami terbuka dan mengajak pihak lain yang bisa ikut ber­partisipasi,” katanya.

Gun Gun menjelaskan, ter­kait sejumlah janji Pemkab Bandung di tahun-tahun se­belumnya, pihaknya akan segera menyelesaikan hal tersebut. Termasuk bonus atlet berprestasi di Pekan Pa­ralimpik Daerah (Peparda) V Kabupaten Bogor 2018 dan anggaran hibah pembinaan 2019 yang sudah disiapkan di APBD Perubahan 2019.

Di sisi lain, Gun Gun berha­rap pengurus NPCI Kabupa­ten Bandung bisa mulai me­nyisihkan dana dari hibah pembinaan yang akan dite­rima, untuk menyediakan peralatan pendukung latihan.

”Jangan sampai hibahnya hanya habis untuk opera­sional organisasi, sisihkan sedikit demi sedikit untuk penyediaan peralatan,” akunya.

Terkait sarana tempat latihan Gun Gun mempersilahkan SOR Jalak Harupat untuk di­gunakan oleh atlet NPCI Ka­bupaten Bandung. Soalnya sarana tersebut memang terbuka untuk seluruh calon atlet berprestasi baik yang umum maupun disabilitas.

Sementara itu Kepala Dis­pora Kabupaten Bandung Slamet Mulyana mengatakan, pengadaan peralatan latihan merupakan wewenang dari NPCI Kabupaten Bandung. Namun untuk pendanaannya bisa diajukan dalam hibah pembinaan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan