Sempat Terkendala, PIM Akan Segera Beroperasi

SOREANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung melalui Dinas Peternakan dan Perikanan menargetkan Pasar Ikan Modern (PIM) akan beroprasi pada Agustus 2019 mendatang.

Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Perikanan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bandung Roza Delwina mengatakan, pada mulanya Pasar Ikan Kabupaten Bandung ditargetkan akan mulai beroperasi januari lalu. Namun, ada beberapa kendala yang menyebabkan target tersebut tidak bisa terpenuhi.

”Pasar Ikan itu dibangun oleh Kementerian Perikanan dan Kelautan. Dalam proses pembangunan, ada efisiensi anggaran, sehingga target pengoprasian di Undur pada Agustus mendatang,” jelas Roza saat ditemui di ruang kerjanya di Soreang, Jumat (14/6).

Menurutnya, Efisiensi anggaran tersebut menjadikan beberapa fasilitas tidak bisa dibangun. Oleh karena itu, Pemkab Bandung belum melakukan memfungsikan pasar sebagaimana mestinya, sesuai target awal.

”Jadi Pemkab Bandung berbenar dulu dengan menggunakan APBD untuk melengkapi, pembangunan parkir, pagar dan lanscape supaya lebih menarik,” akunya.

Roza menjelaskan, saat ini pihaknya sedang melakukan ujicoba pasar ikan tersebut, baru satu perusahaan pendistribusi ikan telah berjualan sejak 13 hari lalu. Walau baru ujicoba, respon masyarakat sudah cukup bagus.

”Responnya lumayan bagus. Walaupun baru satu yang buka, tapi sudah bisa mengirim beberapa ton dalam sehari ke luar daerah. Malah banyak juga masyarakat yang beli eceran, padahal yang penjajakan itu grosir, tapi yang eceran juga kami minta dilayani untuk mengenalkan juga kepada masyarakat,” jelasnya.

Roza menambahak, kalau tidak ada aral melintang, dalam beberapa bulan kedepan Pemkab Bandung akan meresmikan pasar ikan tersebut. Dengan diresmikan PIM, diharapkan kabupaten Bandung menjadi daerah distribusi ikan se Bandung Raya.

”Inginnya agustus ini sudah beroperasi. Mudah-mudahan saja terealisasi, karena pembangunan sarana penunjang sedang dilaksanakan,” kata Roza.

Lebih lanjut Roza mengatakan, walaupun belum rampung, namun animo pedagang untuk bisa berjualan sangat tinggi. Bahkan,  ratusan kios di pasar ikan kabupaten bandung sudah banyak yang mendaftar.

” ada 240 kios di pasar ikan kabupaten bandung, terdiri dari 220 kios ikan basah, kering dan segar yang berada di lantai satu. Latai atas akan ada 20 kios panganan/kuliner ikan,” tuturnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan