Segera Terapkan Jalur Satu Arah

CIMAHI – Meski memang pelebaran ruas Jalan Baros depan Pusat Pendidikan Ar­tileri Medan (Pusdik Armed) bertujuan meminimalisir kemacetan disekitar jalan tersebut namun berdampak pula pada pergeseran kema­cetan dibeberapa ruas jalan lainnya.

Hal tersebut diungkapkan, Pelaksana tugas (Plt) Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Ruswanto saat dihubungi melalu telepon, Minggu (10/3).

”Memang sangat memban­tu, tapi ada dampaknya juga. Karena di Jalan Baros itu su­dah lancar, jadi macetnya pindah ke Jalan Sudirman dan semakin parah di persim­pangan Jalan Dustira dekat perlintasan kereta,” ungkap Ruswanto.

Namun, lanjutnya, khusus kemacetan di Jalan Dustira bukan hanya akibat adanya pelebaran jalan depan Pusdik Armed saja, tetapi semakin meningkatnya volume ken­daraan serta adanya perlin­tasan kereta api, juga mem­pengaruhi kemacetan.

”Adanya jalan perlintasan kereta membuat kendaraan harus lewat dengan kecepatan rendah,” katanya.

Menurutnya, untuk memi­nimalisir kemacetan, saat ini pihaknya sudah menyiapkan beberapa solusi. Salah satunya pembuatan underpass untuk di Jalan Dustira dan penera­pan jalur satu arah pada be­berpa jalan.

”Solusinya harus dibuat un­derpass yang sudah disetujui pemerintah provinsi. Kalau sistem satu arah untuk me­maksimalkan Jembatan Pa­dasuka. Sekarang kendaraan yang lewat ke sana masih sedikit,” ujarnya.

Ruswanto menjelaskan, saat ini, pihaknya tengah menyusun dan mengkaji dampak pada penerapan sistem satu arah di beberapa ruas jalan yang tingkat kepadatannya sudah sangat kritis.

”Betul nanti ada beberapa ruas jalan yang sekarang ma­sih dua arah, akan jadi satu arah. Sekarang akan rapat dulu, rencananya tanggal 19 sampai 21 Maret akan sosia­lisasi,” jelasnya.

Dia menyebutkan, bebera­pa ruas jalan yang akan di­buat menjadi satu arah yakni Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Baros (Taman Kartini arah Gerbang Tol Baros), dan Jalan Sudirman. Rencananya ken­daraan dari Selatan yang akan masuk ke Cimahi hanya bisa melewati Jalan Sudirman be­lok ke Jalan Urip, tidak bisa belok ke Jalan Baros lewat Gereja Santo Ignatius.

”Kalau dari arah Cimahi, langsung diarahkan ke Jalan Baros, menuju ke Gerbang Tol Baros,” terangnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan