Sampah ”Hiasi” Jalan Protokol Cimahi

CIMAHI – Kesadaran ma­syarakat Kota Cimahi dalam membuang sampah masih sangat minim. Hal tersebut dapat dilihat dari masih ba­nyaknya tumpukan sampah di trotoar Jalan Mahar Mar­tanegara. Akibatnya, pengen­dara atau warga setempat yang melewati jalan tersebut me­rasa terganggu. Terlebih tum­pukan sampah tersebut mengeluarkan bau yang me­nyengat.

Tumpukan sampah tersebut diduga berasal dari warga RW 12 Kelurahan Baros, Kecama­tan Cimahi Selatan. Sampah-sampah yang terbungkus oleh kantong plastik dan karung itu memanjang hingga 10 me­ter. Selain merampas hak pe­jalan kaki, tumpukan sampah itu juga mengurangi keindahan. Pasalnya, ada sebagian taman trotoar yang tertutup oleh sampah-sampah itu.

Umar Darya, salah seorang petugas kebersihan mengung­kapkan, terjadinya tumpukan sampah ditempat tersebut setelah lahan kosong yang sebelumnya biasa dipakai untuk pembuangan sampah kini dijadikan lahan parkir oleh pemilik lahan.

”Setelah lahan kosong dija­dikan tempat parkir sama rumah sakit Kasih Bunda, warga membuangnya ke sini. Seminggu sekali (terjadi tum­pukan) sudah hampir setahun ini,” ungkap Umar di lokasi pembuangan sampah, Senin (18/3).

Menurutnya, selama ini tumpukan sampah tersebut diangkut oleh petugas sampah dari RW seminggu sekali. Se­jak lahan kosong dijadikan tempat parkir, lanjutnya, pihak RW belum mengajukan ke­beradaan Tempat Pembuangan Sementara (TPS).

”Karena menumpuk (sam­pah) maka pengendara yang lewat sengaja ikut-ikutan membuang sampah di sini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi, Mochamad Ronny saat dikonfirmasi mengaku, akan segera me­manggil pihak RW dan kelu­rahan terkait tumpukan sam­pah tersebut.

”Kita akan koordinasikan dengan RW, kelurahan setem­pat terkait pengelolaan sam­pahnya,” ujar Ronny saat di­temui di Komplek Perkanto­ran Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah, Senin (18/3).

Ronny mengatakan, tum­pukan sampah di trotoar se­cara tidak langsung sudah merampas hak pejalan kaki. Untuk itu, pihaknya akan se­gera membersihkan sampah yang menumpuk tersebut. Selain itu, dia juga mengaku, akan segera menyusun jadwal pengangkutannya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan