Revitalisasi Sangkuriang Tunggu Dana Bantuan

CIMAHI– Keinginan masyarakat untuk memiliki stadion yang layak tampaknya masih harus menjadi mimpi. Sebab, rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi merevitalisasi Stadion Sangkuriang setelah mendapatkan anggaran bantuan dari pemerintah pusat dan pemerintah provinsi.

Padahal, saat ini masyarakat berharap pembangunan Stadion Sangkuriang akan menjadi gebrakan Pemkot Cimahi dimasa kepemimpinan Ajay-Ngatiyana.

Ahmad Fauzi, 24, warga Cipageran mengaku, dari dulu warga berharap mempunyai stadion yang bisa menjadi kebanggaan masyarakat Kota Cimahi. Sehingga dia bersyukur jika memang Pemkot Cimahi segera memperbaiki Stadion tersebut.

”Alhamdulillah, ini akan jadi gebrakan pak walikota. Semoga akan segera terlaksana jadi stadion yang megah dan bersih,” katanya, di Stadion Sangkuriang, Rabu (6/2).

Menanggapi keinginan warga tersebut, Wali Kota Cimahi, Ajay Muhamad Priatna mengungkapkan, sejauh ini Pemkot Cimahi baru sebatas bisa menyelesaikan Detail Engineering Design (DED).

”DED sudah kelar, lagi dirapikan. Butuh anggaran besar untuk menyelesaikannya (Stadion Sangkuriang),” ungkap, Ajay usai menghadiri FGD Musrenbang di Kecamatan Cimahi Tengah, Jalan Terusan, Rabu (6/2).

Menurutnya, karena membutuhkan biaya yang cukup besar, maka pihaknya akan berusaha meminta bantuan kepada pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi Jabar.

”Tahun ini kami akan roadshow untuk meminta bantuan anggaran
Karena kalau menggunakan anggaran daerah kita masih ada keterbatasan. Kalau APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) cukup, saya tidak akan meminta bantuan kepada yang lain,” ujarnya.

Namun demikian, Ajay mengaku, pihak pemerintah tetap akan menyediakan dana pendamping. ”Tergantung bantuan dari Pusat dan Provinsi. Kita akan paksakan itu. Targetnya setahun ini kita dapat gambaran bantuan,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Budi Raharja mengatakan, untuk membangun Stadion Sangkuriang diperkirakan akan membutuhkan anggaran sekitar Rp 350 miliar.

”Kalau bicara pembangunan, diperkirakan membutuhkan biaya sekitar Rp 350 miliar. Tahun ini kami mencoba mencari dari pusat atau Kemenpora dan provinsi. Mudah-mudahan tahun depan sudah bisa dibangun,” kata Budi.

Dia menjelaskan, hingga saat ini, pihaknya masih menunggu status tanah Stadion Sangkuriang yang sebelumnya dikolala oleh Perusahaan Daerah Jati Mandiri (PDJM) tersebut diserahkan Pemkot Cimahi ke pihak Disbudparpora.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan