Rekayasa Jalan Sukajadi dan Cipaganti Siap Rampung

BANDUNG– Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus berupaya menyem­purnakan rekayasa Jalan Sukajadi dan Jalan Cipa­ganti. Untuk itu, Pemkot Bandung bakal mengundang para pemangku kebijakan untuk memberikan masukan.

Tak hanya Dinas Perhu­bungan (Dishub) Kota Bandung dan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta­bes Bandung, Pemkot Bandung juga membutuhkan masukan dari Damri, PD Pasar Bermartabat, Camat, Koramil, dan para pakar transportasi.

“Di Kota Bandung cukup sulit untuk memperluas atau memperlebar jalan. Jadi salah satu upaya mengurai kemacetan dengan mere­kayasa. Proses ini sebetulnya sudah berjalan cukup lama antara Dishub, Polrestabes dan dinas instansi terkait dikaji melalui berbagai ap­likasi yang ada,” kata Yana saat rapat manajemen re­kayasa jalan di Hotel El Royale, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Kamis (27/6).

Yana memaparkan rekay­asa di dua jalan utama ter­sebut berbeda dengan ruas jalan lainnya di Kota Bandung. Sebab, ada ba­nyak kepentingan dan pe­layanan publik lainnya. Di antaranya rumah sakit dan rute transportasi umum.

Di samping pembahasan yang sudah lama, Yana menilai un­tuk mulai menerapkan re­kayasa di kawasan ini juga tidak bisa instan. Harus mem­persiapkan sejumlah kebutu­hannya. Utamanya berkaitan dengan rambu-rambu jalan.

“Kalau hari ini disepakati setidaknya dua atau tiga minggu baru bisa dilakukan. Karena harus dipersiapkan rambu-rambunya. Karena namanya uji coba, rambunya portabel dulu. Itu juga mun­gkin persiapan pengadaan rambu-rambunya perlu wak­tu,” bebernya.

“Karena memang ini cukup ekstrem, rekayasa kawasan melibatkan jalan yang ramai dan strategis dan ini jalan-jalan alternatifnya ini kita harus persiapkan. Karena di situ ada pasar, rumah sakit, jadi memang pelru pengkajian lama dan intens,” tambahnya.

Yana mengungkapkan, Pem­kot Bandung menggarap re­kayasa dengan serius karena titik kemacetan yang terjadi sudah sangat krusial. Tak ha­nya saat liburan atau akhir pekan saja, namun di hari biasa kerap terjadi penum­pukan kendaraan.

Seperti diinformasikan se­belumnya, Jalan Sukajadi bakal direkayasa menjadi satu jalur ke arah Jalan Setia­budi. Sementara Jalan Cipa­ganti alurnya akan dibalik menjadi satu jalur dari Jalan Setiabudi menuju ke Jalan Pasteur.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan