Ratusan Ribu Hafiz Bakal Sejukan Kota Bandung

BANDUNG– Program 1000 hafiz untuk satu kelurahan tak hanya soal kuantitas atau angkanya saja, tetapi diba­rengi dengan implemen­tasi para hafiz yaitu menga­malkan Alquran dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga nantinya, para hafiz bakal menyejukkan Kota Bandung.

“Hadirnya 1000 hafiz untuk satu kelurahan yang berar­ti 151.000 hafiz di Kota Bandung. Itu nantinya akan menghadirkan kota yang sejuk,” ujar Ketua Tim Peng­gerak PKK Kota Bandung, Siti Muntamah Oded saat acara Safari Senyum Ramad­han 1440 H di Masjid Al Ihsan Komplek Kopo Ken­cana Kelurahan Sukaasih, Kecamatan Bojongloa Kaler, Selasa (14/5/2019).

 Selain Umi Oded, sapaan akrab Siti Muntamah, hadir di acara ini di antaranya Wa­kil Ketua TP PKK Kota Bandung, Yunimar Yana Mulyana dan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Bandung, Cici Ema Su­marna.

Perlu diketahui, Kota Bandung menargetkan me­miliki 151.000 penghafal Al­quran (hafiz dan hafizah) pada 2023 mendatang. Hal itu sesuai dengan target 1.000 hafiz di setiap kelurahan.

Oleh karenanya, Umi Oded berharap, keluarga muslim di Kota Bandung bisa meny­ayangi Alquran. ”Menyayangi Alquran itu harus dimulai dari rumah,” ujar Umi,

Pada momen Ramadan ini, ia juga mengajak seluruh warga muslim di Kota Bandung untuk menggiatkan lagi ruti­nitas membaca Alquran.

”Ramadan bukan sekadar berpuasa. Jauh lebih penting, bulan suci ini adalah ajang kita untuk berkomitmen men­jadi ahli quran setelah keluar dari bulan Ramadan,” ujar Umi.

Selain itu, Umi tidak bosan-bosan mengingatkan warga Kota Bandung untuk meman­faatkan momentum Ramadan sebagai ajang meningkatkan ibadah.

”Dari seluruh ibadah yang dilakukan oleh umat manusia, yang paling utama adalah salatnya,” pesan Umi.

Oleh karena itu, Umi juga berpesan agar warga Kota Bandung menjalankan salat di awal waktu. ”Jadikan Ra­madan ini sebagai bulan per­baikan diri. Rugi kalau kita keluar dari bulan Ramadan tanpa perubahan positif,” pe­san Umi.

Safari Senyum Ramadan adalah program yang digagas oleh PKK Kota Bandung ber­sama Dharma Wanita Persa­tuan (DWP) Kota Bandung dan menggandeng Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung serta Dinas Ling­kungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung. Dinas-dinas ini menyosialisasikan program Pemerintah Kota seperti program Kang Pisman dan upaya penanganan juga pencegahan kebakaran.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan