Ratusan CPNS yang Lolos Seleksi Tak Mampu Tutupi Kekurangan

CIMAHI – Kepala Badan Pengelola Kepegawaian dan Sumber daya Manusia Dae­rah (BPKSDMD) Kota Ci­mahi, Ahmad Saefulloh menagku, Sebanyak 238 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang lolos seleksi dan akan masuk menjadi abdi negara di Pemerintahan Kota Cimahi ternyata belum bisa menutup kekurangan Sumberdaya Manusia (SDM) PNS di lingkungan Pemkot Cimahi.

Hal itu dikatakan Asep Saefulloh, saat ditemui di Komplek Perkantoran Pem­kot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusuma, Kota Cimahi, Jumat (22/2).

Menurut Asep, sebetulnya pada awal pengumuman akan adanya penerimaan CPNS, Pemerintah Kota Ci­mahi mengajukan kebutuhan PNS kepada Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Bi­rokrasi (Kemenpan RB) RI sebanyak 500.

”Awalnya kita mengajukan formasi sesuai kebutuhan. Hanya Menpan dengan per­timbangannya menyetujui hanya 238,” ujarnya.

Dijelaskannya, dengan kuota yang disetujui terse­but, maka secara otomatis kekurangan yang terjadi saat ini belum terpenuhi. Bahkan bisa dikatakan masih ba­nyak kekurangan. Terlebih hampir setiap tahun ada saja PNS yang pensiun.

”Tentu tidak menutupi. Kebutuhan kita saat ini teru­tama untuk guru SD (Seko­lah Dasar). Jelas kurangnya masih banyak,” terangnya.

Ia mengaku, untuk menutu­pi kekurangan, pihaknya akan memaksimalkan SDM yang ada. Termasuk memak­simalkan Tenaga Harian Lepas (THL), yang disebut juga Tenaga Kerja Kontrak (TKK).

”Sementara kita optimalkan tenaga yang ada saja. Toh mereka (TKK) juga sangat membantu,” tandasnya.

Untuk diketahui, pada tes CPNS 2018, ada 238 yang lolos berbagai tahapan se­leksi baik melalui formasi umum maupun khusus. Calon abdi negara itu ter­diri dari formasi guru, te­naga kesehatan dan tenaga insfratruktur

Para CPNS itu tengah men­jalani pembekalan karakter dan disiplin di Pusdikhub, Jalan Gatot Subroto, Kota Cimahi. Rencananya, pem­bekalan berakhir tepat hari ini. Setelah mendapat Surat Keputusan (SK) CPNS, mereka mulai aktif bekerja Senin 25 Februari 2019. (ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan