PSSI Seleksi Pemain Unggulan

JAKARTA – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) telah mendaftarkan 40 pemain untuk perhelatan SEA Games 2019 di Filipina, November mendatang. Pendaftaran yang dilakukan oleh induk sepak bola Tanah Air itu melalui Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Jumat (20/9) lalu.

Sebanyak 40 pemain itu sendiri merupakan nama-nama yang telah dipilih oleh pelatih kepala Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri. Dari 40 nama yang terpilih itu terdiri dari 35 pemain berusia 22 tahun dan sisanya merupakan pemain senior.

“Nama-nama yang kami pilih dalam daftar 40 pemain ini adalah pemain yang sudah kami amati dan ketahui kualitasnya. Selain itu pemilihan 40 nama ini juga hasil dari proses seleksi beberapa waktu lalu,” ungkap Indra Sjafri, Rabu (25/9) kemarin.

Akan tetapi, sesuai regulasi SEA Games 2019 kali ini, nantinya hanya 20 pemain yang berhak di boyong ke pesta olahraga paling bergengsi antar negara se-Asia Tenggara tersebut.

Ya, sesuai regulasi terbaru pada ajang dua tahunan itu, setiap negara atau tim peserta hanya diperbolehkan membawa 2 pemain senior saja.

Dengan kata lain, 5 dari pemain senior yang didaftarkan ini, akan saling unjuk kualitas demi mendapatkan tempat membela Indonesia di SEA Games 2019 ini. Sama halnya dengan pemain U-22, 35 nama yang didaftarkan akan disaring menjadi 18 pemain.

“Komposisi pemain yang telah kami daftarkan terdiri dari 35 pemain usia 22 tahun dan sisanya atau lima pemain lainnya meruapakan senior,” tutur pelatih berkumis tebal tersebut.

Sebagai persiapan ajang yang akan berlangsung kurang lebih satu bulan lagi itu, Indra Sjafri mengaku sudah memiliki program latihan atau pemusatan latihan nasional (pelatnas). Indra mengaku bakal menggelar pelatnas tersebut pada 1 Oktober mendatang. “Kami akan memulai pemusatan latihan atau TC pada 1 Oktober nanti,” tegas Indra.

Selain pelatnas, Indra juga mengaku mengagendakan laga uji coba internasional untuk skuatnya dengan mengikuti turnamen mini di Tiongkok bertajuk, Chongqing Three Gorges Bank Cup Internasional Football Championship 2019 pada 9-13 Oktober, mendatang, dengan peserta yang terdiri dari China, Yordania dan Arab Saudi.

Indra berharap dalam turnamen tersebut bisa dijadikan sebagai ajang pembentukan format tim menjelang SEA Games 2019 nantin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan