Prediksi Debat Akhir Akan Seru

JAKARTA – Debat kelima yang bertema ekonomi, in­vestasi, kesejahteraan sosial, keuangan, dan perdagangan serta industri diprediksi akan berlangsung seru.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman mengatakan, debat kelima diharapkan menjadi klimaks yang dibutuhkan Indonesia. Terlebih, tema ekonomi me­nyangkut hajat orang banyak.

Dia mengatakan, pasca ber­akhirnya debat kelima, se­cara keseluruhan peserta pemilu diminta tetap tenang. Karena memasuki hari terahir kampanye dan langsung ber­tepatan dengan massa tenang yang sudah ditetapkan KPU.

’’ Kami memastikan panelis dan moderator sudah mela­kukan diskusi dan merancang agar debat terakhir berjalan menarik dan seru,”kata dia kepada wartawan kemarin. (11/4).

Dia menuturkan, seluruh pertanyaan akan diajukan ke kandidat telah dibahas pane­lis dan dijamin tidak akan bocor. Terkait teknis, pada debat terakhir KPU akan men­gundang perwakilan dari berbagai tokoh agama dengan memimpin doa sesuai dengan ajaran dan kepercayaan ma­sing-masing.

’’Jika pada debat sebelumnya, KPU memberikan sambutan, pada debat terakhir KPU akan memberikan kata penutup. Sebagai pesan bagi penyel­enggara pemilu, peserta pe­milu, aparat keamanan, ke­mudian pemilih. Apa yang harus dilakukan pada masa tenang dan pada hari pemun­gutan dan perhitungan suara,” ucap dia.

Di tempat sama, Koordina­tor Panelis Muhammad Nasih mengaku kurang puas jika ada pertanyaan pada puncak de­bat bisa ditindaklanjuti.

“Ini tantangan bagi kami. Tapi demi bangsa dan ne­gara, kami berkomitmen jadi panelis yang obyektif dan mudah-mudahanan mem­bawa debat kelima sesuai harapan,”kata dia.

Sementara itu, Moderator Debat Balques Manisang me­rasa terhormat mendapatkan tugas yang sangat menantang. Karena bekerja diakhir mas­sa kampanye.

“Kita harus membawa apa yang diramu panelis dan kerja keras jajaran KPU agar bisa ditangkap baik oleh semua paslon capres. Kita tak bisa memenuhi ekspektasi semua orang, tapi kami akan men­coba yang terbaik karena ini debat pamungkas,” terangnya.

Moderator Tommy Tjokro menambahkan, debat kelima akan menjadi ajang meny­ampaikan visi misi terakhir maupun program kerja. Kami mengajak seluruh masyarakat khususnya milenial untuk nonton debat pamungkas ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan