PKSM Dedikasikan untuk Lahan Hijau

SOREANG – Kerja nyata Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM)  untuk menjaga kelestarian alam sampai detik ini terus dilakukan. Baerbagai upaya penghijauan lahan dengan menanam pohon secara swadaya akan selalu dilakukan dengan mengajak seluruh elemen masyarakat.

Dewan Pembina PKSM Kabupaten Bandung Eyang Memet mengatakan, saat ini PKSM sudah memiliki ratusan anggota yang tersebar di setiap kecamatan di Kabupaten Bandung.

’’Kami sebagai penggiat lingkungan yang tergabung di PKSM akan terus memberikan dedikasinya kepada lingkungan dan menjaga alam, khususnya program Citarum harum,” Jelas Eyang Kepada wartawan disela kegiatan rapat koordinasi PKSM yang dilaksanakan di rumah bibit Walatra Desa Cibodas Kecamatan Pasirjambu, kemarin (20/1)

Menurutnya, semua orang yang tergabung di PKSM merupakan para penggiat lingkungan yang selama ini terus melakukan kerja nyata dalam menjaga dan melestarikan alam dan menjaga lingkungan.

Dia menegaskan, Pelaksanakan program kepedulian terhadap lingkungan, pihaknya tidak  tergantung kepada pemerintah. Sebab, sebagian besar anggota sudah memiliki pembibitan mandiri.

’’Jadi kami selalu melaksakan program nyata untuk menjaga alam kami tidak kesulitan pohon untuk ditanam,” akunya

Eyang menjelaskan, semua anggota PKSM sudah berkomitmen dalam menjaga dan melestarikan alam dengan menjaga lingkungan yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada generasi muda.

’’Sebagai buktinya, pihaknya sudah melakukan penanaman pohon di semua anak sungai Citarum dan hutan yang dipandang kritis dan memerlukan tambal sulam pohon,”kata dia.

Eyang merasa optimis kegiatan penanaman pohon ini akan menuai hasil. Sebab, pohon yang ditanam selau dijaga dan dipelihara dengan baik.

Hal yang sama dikatakan Ahmad Sudirman Ketua PKSM Kabupaten Bandung menurutnya, kepedulian lingkungan dalam menjaga kelestarian alam merupakan program kerja PKSM. Oleh karena itu, semua anggotanya berkomitmen untuk melakukan kerja nyata menjaga alam dengan melakukan penanaman secara bertahap dan rutin dilakukan.

“Kami rutin melakukan penanaman, karena sebagian besar anggota PKSM memiliki pembibitan. Dengan demikian, kami tidak kesulitan pohon untuk ditanam,” pungkasnya (rus/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan