PKK Dorong Perekonomian Keluarga Melalui Program UP2K

SOREANG – Untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat yang memiliki usaha kecil, Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Bandung meningkatkan program upaya peningkatan pendapatan keluarga (UP2K).

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) 2 PKK Kabupaten Bandung Dewi Endang mengatakan, kelompok keluarga yang memiliki usaha kecil diberikan bantuan pinjaman modal dari pemerintah bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) kepada masyarakat melalui tim penggerak PKK .

”Nanti ada kelompok khusus yang mengelola UP2K, sasarannya ke warga masyarakat yang memiliki usaha kecil. Ada beberapa program kerja PKK berkoordinasi dengan 270 desa melalui kecamatan memberikan pembinaan UP2K,” Katanya saat ditemui di Sekretariat PKK Kabupaten Bandung di Soreang, Kamis (18/7)

Menurut Dewi, di seluruh Desa di Kabupaten Bandung sudah memiliki UP2K. Namun, beberapa Desa masih belum mengalami peningkatan secara berkembang. Sehingga, tidak sedikit masyarakat yang diberikan pinjaman modal kadang merasa diberi padahal modal tersebut untuk digulirkan secara bergilir tidak hanya untuk satu kelompok yang diberikan.

” Bantuan modal ini, untuk meningkatkan usaha keluarga yang memiliki usaha kecil di setiap Desa. Nantinya, kalau usaha mereka sudah maju, modal yang diberikan harus dikembalikan untuk digulirkan kepada keluarga lainnya,” jelas Dewi.

Menurut Dewi, ada salah satu wilayah yang berkembang pesat, seperti Desa Cisondari Kecamatan Pasirjambu. Kelompok keluarga pengusaha kecil, saat ini sudah memiliki koprasi sendiri dengan omset puluhan juta, padahal modal yang digulirkan petama kali hanya sebanyak Rp. 350 rebu.

”Keberhasilan UP2K tergantung dari managemen yang mengelolanya, untuk kelompok pengurus (Poksus). Seharusnya, tidak boleh ada pergantian sehingga  tim penggerak PKK harusnya tidak diganti ini akan mempengaruhi dari perkembangannya, contohnya Desa Cisondari tidak pernah diganti dari pertama,” akunya.

Dewi menambahkan, melihat kondisi dan perkembangan usaha saat ini. Untuk mendorong, kemajuan keluarga yang memiliki usaha kecil, PKK kabupaten Bandung akan terus mendorong program UP2K. Sebab, melalui program tersebut pihaknya optimis bisa mendorong meningkatnya ekonomi masyarakat.

”Saya beharapan melalui program –program dari PKK bisa menunjang ekonomi masyarakat agar lebih berkembang sehingga pemahaman masyarakat tidak sempit dengan adanya bantuan pemerintah mengembangkan usaha yang mereka jalani,” pungkasnya. (mg1/rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan