Perintahkan Lurah Camat Cek Warganya

BANDUNG – Untuk mengantisipasi terjadinya bencana akibat banjir, Wali Kota Bandung menginstruksikan kepada lurah dan Camat untuk rajin melakukan kontrol kelapangan.

Wali Kota Bandung, Oded M Danial menegaskan, kepada seluruh camat dan lurah agar selalu siaga disetiap wilayahnya. Sebab, berdasarkan prediksi dari BMKG curah hujan di Kota Bandung kemungkinan semakin tinggi.

Oded menuturkan, meskipun Kota Bandung daerah perkotaan potensi bencana bisa saja terjadi, seperti banjir dan longsor. Terlebih, dikawasan Bandung bagian utara yang merupakan wilayah perbatasan harus mendapat pantauan secara ketat.

“Ketika ada musibah di Cilengkrang, saya langsung koordinasi dengan dinas terkait, dengan lurah di kewilayahan. Saya minta mereka untuk cepat tanggap,” ujarnya di Pendopo Kota Bandung Jalan Dalem Kaum, Senin (11/2).

Oded menjelaskan, pascabanjir di Cilengkrang, tim Gorong-gorong Bersih (Gober) langsung membantu membersihkan lumpur yang merendam rumah warga. Sebab, imbas dari jebolnya tanggul di Jati endah, infrastruktur kota Bandung juga terkena dampaknya.

“Saya kira ada beberapa wilayah di perbatasan yang rawan bencana. Untuk itu, saya minta kepada pihak terkait berkoordinasi antar-lini di Bandung Raya,” kata dia.

Oded mengingatkan kepada seluruh jajaran kewilayahan, khususnya di daerah rawan bencana, agar lebih meningkatkan kewaspadaannya. Terlebih, banyak pemukiman warga yang berdiri di bantaran sungai.

“Karena musibah itu kan sulit kita prediksi, Intinya kita harus waspada dan antisiapasi jangan sampai ada korban,’’ ujarnya.

Oded juga tak bosan mengingatkan kepada masyarakat agar peduli terhadap masalah sampah. Sebab, masalah ini selalu menjadi salah satu pemicu terjadinya banjir.

“Jangan sampai ada lagi yang buang sampah di sungai,” tuturnya.

Perlu diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini untuk wilayah Jawa Barat, Senin (11/2) ini. Melalui situs resminya, BMKG meminta warga mewaspadai terjadinya hujan yang disertai kilat/petir dan angin kencang di sejumlah wilayah Jabar. Salah satunya yaitu kawasan Bandung.

BMKG juga memperkirakan, kawasan Kota Bandung masih akan diguyur hujan dalam dua hari ke depan. (mg1/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan