Pergantian Tahun di Kawasan Wisata Aman

SOREANG – Meski terjadi kepadatan arus lalu lintas di jalan menuju objek wisata Ciwidey Kabupaten Bandung. Berdasarkan pantauan dan informasi dari Polres Bandung, malam pergantian tahun di kawasan wisata Bandung selatan berjalan lancar dan aman.

Kapolres Bandung AKPB Indra Hermawan mengatakan, untuk penertiban lalu lintas, pada malam kemarin pihaknya sudah melakukan langkah antisipasi dengan membuat rekayasa jalur menuju kawasan wisata.

“Kami telah melakukan rekayasa jalur pada malam tahun baru, maupun pada hari tahun barunya. Sehingga melakukan CB One Way, dari Soreang ke Ciwidey dan sebaliknya,” tutur Indra saat dihubungi melalui telephone seluler, Selasa (1/1).

Selain itu, telah menerjunkan 1.127 personel gabungan TNI, Polri Dishub dan Satpol PP Kabupaten Bandung yang selalu siaga pada malam tahun baru hingga hari H nya di jalur wisata baik kawasan Bandung Utara Cimenyan, maupun kawasan Bandung Selatan Ciwidey termasuk jalur timur Cileunyi hingga Nagreg.

“Kami telah menerjunkan ribuan personil dari berbagai instansi untuk pengamanan tahun baru 2019 ini, agar tercipta kondusifitas. Ada 4 lokasi yang melaksanakan perayaan tutup tahun ini yakni sekitar Bandung Selatan, timur dan Utara,” kata dia.

Selain jalur, kata Indra, pihaknya pun telah  mengantisipasi jalur yang kerap terjadi kejahatan jalanan di antaranya di wilayah Soreang, Baleendah, Banjaran, Majalaya dan Cikancung.

Selain itu, saat ditanyakan angka kecelakaan yang terjadi pada 2018 bahwa sepanjang tahun 2018 terdapat penurunan kecelakaan. Namun, angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas tersebut justru naik.

“Angka kecelakaan pada 2018 turun 21 persen atau sekitar 56 kasus dari 323 kasus pada 2017 menjadi 267 kasus pada 2018. Sedangkan, korban meninggal dunia akibat laka lantas naik 102 persen yakni sebanyak 85 orang dari 83 orang pada tahun 2017 menjadi 168 orang pada tahun 2108,’’pungkas dia. (yul/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan