Penugasan Wasit Liga Diurus Badan Independen

JAKARTA – Masalah penugasan wasit di Liga 1, Liga 2, Liga 3, musim baru nanti mendapat perhatian serius. Pasalnya, beberapa wasit terjerat dalam kasus yang ditangani Satgas Antimafia Bola.

Bukan hanya wasit, Mansyur Lestaluhu yang menjabat sebagai staf departemen wasit PSSI juga kena. Bahkan, sudah jadi tersangka. Karena itu, urusan perwasitan menjadi perhatian pada musim baru ini.

PSSI pun mulai membentuk badan independen untuk penugasan wasit di Liga 1 dan Liga 2 mulai Mei nanti.

Badan tersebut dibentuk saat kongres tahunan PSSI di Nusa Dua, Bali pada Januari lalu. Musim lalu, penugasan wasit berada di tangan Komite Wasit PSSI, sedangkan pada 2017 PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator yang menanganinya.

Saat ditemui disela-sela Workshop dan Refresment PT LIB kemarin di Hotel Sultan, Jakarata, kemarin, Sekjen PSSI Ratu Tisha memastikan hal tersebut. ”Kami sedang membereskan proses administrasi untuk hal itu. Kemarin juga sempat mendapat bantuan dari FIFA,” kata Tisha.

Dalam badan independen itu ada dua layer. Pada layer pertama adalah dewan yang terdiri dari perwakilan PSSI, klub atau PT LIB, dan perwasitan. Kemudian pada layer kedua adalah operasional. Pada bagian ini PSSI akan mengisi dari teknikal dari luar negeri.

Terkait dengan nama-nama orang yang akan mengisi posisi tersebut, Tisha masih bungkam. “Nggak penting nama-namanya. Yang penting sistemnya dulu,” ujar Tisha.

Dia menampik bahwa badan tersebut dibentuk karena adanya kritik keras tentang sistem perwasitan selama musim lalu. Menurut dia, hal itu sudah direncanakan oleh PSSI sejak 2018. Termasuk bekerja sama dengan Federasi Sepak Bola Jepang (JFA).

”Jangan disangka semua yang ada di PSSI kayak jualan kecap. Ada ini, baru kami bikin. Kami bekerja sama JFA hingga 2022. Dari situ ilmunya kami serap untuk bsia mendirikan badan independen ini,” imbuhnya.

Di sisi lain Plt Head of Referee PSSI Efraim Ferdinand mengatakan, tugas komite wasit sendiri akan mendampingi badan independen tersebut. Sebab, badan independen itu bertugas untuk penunjukan wasit, monitoring, dan assesement wasit di Liga 1 dan Liga 2.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan