Pemkot Terus Perangi Serangan Nyamuk DBD

BANDUNG– Dalam upaya memerangi gejala demam berdarah di Kota Bandung, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meninjau langs­ung kerja bakti warga dan Pembasmian Sarang Nyamuk (PSN) di RW 03 Kelurahan Cicaheum Kecamatan Kia­racondong, Bandung pada Jumat (1/3).

Yana mengapresiasi kegia­tan warga RW 03 Kelurahan Cicaheum ini. Ia berharap, warga di wilayah lain mengiku­tinya.

”Kegiatan seperti ini punya peran besar dalam mem­basmi penyebaran demam berdarah di Bandung,” ujar Yana.

”Dalam penelitian, nyamuk DBD ini berkembangnya di daerah bercuaca panas. Tapi kenapa di Bandung justru potensi DBD-nya tinggi? Ada riset yang menyebutkan, ta­lang-talang yang dipasang di rumah warga ini menjadi potensi tumbuhnya jentik nyamuk,” paparnya.

Oleh karena itu, Yana me­minta warga untuk member­sihkan talang air yang terpa­sang di tiap rumah secara berkala.

”Disikat, dibersihkan. Jadi jangan hanya dibilas saja,” ujarnya.

Yana menekankan, dalam upaya pemusnahan virus de­mam berdarah ini, langkah yang perlu dilakukan adalah membasmi sarang nyamuk.

”Kalau fogging itu sifatnya hanya mengusir sementara. Yang efektif itu membasmi sarangnya,” kata Yana.

Kegiatan Pembasmian Sarang Nyamuk ini juga melibatkan para Jumantik di RW 03. Para jumantik ini memantau langs­ung potensi sarang nyamuk di rumah-rumah warga serta membagikan dan menabur serbuk abate di tempat po­tensi berkembangbiaknya jentik nyamuk.

”Sesuai arahan dari Pak Yana, sudah memantau dari rumah ke rumah warga, me­lihat dan membasmi sarang nyamuk di rumah warga,” ujar Eti Saptawati, Petugas Koor­dinator Jumantik di wilayah Kecamatan Cicaheum.

”Potensi sarang nyamuknya sudah lebih baik. Misalnya, bak mandi rumah warga su­dah bersih, begitupula talang-talang yang dipasang. Meski­pun ada yang masih kotor serta menjadi tempat ber­kembangbiak nyamuk DBD, tapi ini hanya di beberapa titik saja, dan hari ini akan kami tangani,” sambungnya.

Sambil memeriksa, Eti be­serta para koordinator juman­tik lainnya mengingatkan kepada warga agar selalu menjaga kebersihan ling­kungan.

”Pencegahan ini harus di­mulai dari rumah-rumah warga masing-masing,” pin­tanya. (mg1/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan