Pemkot Dukung Penuh Aktivitas PMI

BANDUNG– Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana optimis Palang Merah Indo­nesia (PMI) semakin mampu memberikan kontribusi bagi masyarakat. Apalagi kehadiran PMI telah memberikan man­faat besar bagi masyarakat.

“Secara umum Palang Merah Indonesia (PMI) sebagai or­ganisasi sosial kemasyaraka­tan lingkup nasional yang memiliki hubungan interna­sional. Lembaga ini bertu­juan menolong dan mem­bantu sesama apapun penye­babnya,” katanya pada acara Musyawarah Kerja PMI Kota Bandung tahun 2019, di Kan­tor PMI Kota Bandung Jalan Aceh, akhir pekan lalu.

Menurutnya, PMI cukup penting dalam berperan aktif di berbagai bidang kemanu­siaan. Selama ini, PMI telah membantu pemerintah dalam upaya kemanusiaan seperti kegiatan sosial.

“PMI sangat penting dalam membantu pemerintahan di bidang sosial. Tugas PMI me­nolong korban bencana, ber­bagai musibah dan korban konflik dalam pertolongan pertama. PMI selalu siaga hadir pertama di lokasi keja­dian,” tuturnya.

Selain itu, kata Yana, peran PMI sangat dibutuhkan untuk membentuk generasi muda yang unggul. Salah satunya berdiri Palang Merah Rema­ja di sekolah.

“Pembinaan generasi mu­da dengan membentuk unit PMR di sekolah khusus di SMP SMA ataupun SMK. Dengan melaksanakan pe­layanan sosial dan bakti so­sial, PMR pasti berkembang dan yakin selalu bermanfaat,” ujarnya.

Terkait Musyawarah Kerja, Yana berharap menjadi sara­na konsolidasi khususnya dari aspek kepengurusan agar sumber daya manusia PMI lebih optimal dan produktif.

“Forum ini jadi sarana kon­solidasi khususnya dari aspek kepengurusan untuk jadikan PMI lebih mandiri dan pro­fesional,” harapnya.

Sementara itu, Ketua PMI Kota Bandung, Ade Koesjan­to mengatakan, musyawarah kerja bertema, penguatan kelembagaan dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia, bertujuan untuk mengevaluasi sekaligus menyusun rencana kerja dan anggaran pendapatan atau­pun belanja tahunan.

“Dengan musyawarah ini kita harap rencana tahun ini lebih maksimal dan tersel­enggara dengan lancar,” tu­turnya. (rls/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan