Pemkab Matangkan Persiapan Tuan Rumah Porda 2022

NGAMPRAH– Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bandung Barat terus melakukan persiapan sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat 2022. Saat ini, verifikasi sejumlah venue terus dilakukan yang rencanannya ada 22 venue olahraga di Bandung Barat yang akan digunakan pada Porda Jabar nanti.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bandung Barat Ade Sudiana menjelaskan, KBB dipercaya menjadi tuan rumah Porda bersama Subang dan Tasikmalaya. “Tuan rumah Porda ini untuk pertama kalinya sehingga kami terus melakukan pembenahan dan persiapan secara matang,” katanya, Senin (24/6).

Ade menjelaskan, ada sejumlah venue yang sudah biasa dipakai dalam berbagai ajang olahraga, di antaranya venue ski air, gantole, sepeda gunung, panjat tebing, dan berkuda. Sejumlah venue tersebut mulai diverifikasi kembali agar benar-benar siap digunakan pada Porda Jabar 2022.

Khusus untuk berkuda, menurut Ade, lapangan pacuan kuda di Lembang bisa saja digunakan jika sudah selesai ditata. Dalam waktu dekat, penataan akan segera dilakukan setelah pemerintah daerah memasang plang kepemilikan di aset sengketa tersebut.

“Untuk lapangan pacuan kuda, nanti kami lihat perkembangannya, apakah siap dipakai Porda atau tidak. Sebab, sekarang baru mau dilakukan penataan,” tuturnya seraya menambahkan, pihaknya mengajukan Rp 9 miliar untuk pembangunan tribun di areal sekitar 86.000 meter persegi itu.

Selain soal venue, Ade menambahkan, pihaknya juga mempersiapkan para atlet yang akan ikut serta pada Porda nanti. Dia menargetkan pada Porda 2022, KBB bisa meraih juara pertama setelah pada Porda sebelumnya meraih juara keempat.

“Untuk Porda nanti, kami usahakan agar kontingen KBB bisa ikut semua cabor. Sementara, cabor unggulan masih di dayung dan gulat,” ujar Ade.

Dia menambahkan, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat  tahun ini mendapatkan Dana Alokasi Khusus sebesar Rp 13,5 miliar dari pemerintah pusat untuk pembangunan gedung olah raga di Kecamatan Batujajar. Rencananya, GOR tersebut diperuntukkan bagi olah raga beladiri, tetapi bisa juga digunakan untuk berbagai olahraga lainnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan