Pemkab Dorong Wujudkan Wisata Halal

NGAMPRAH– Pemkab Bandung Barat terus mendorong agar bisa mengembangkan wisata halal. Hal itu tak terlepas dari banyaknya objek wisata di Bandung Barat yang sudah berdiri dan mendapat apresiasi dari berbagai daerah yang datang.

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna mengaku keinginannya untuk mewujudkan wisata halal bisa secepatnya terealisasi di Bandung Barat.  Hadirnya wisata halal, kata Umbara, bisa lebih memberikan rasa nyaman bagi wisatawan saat berkunjung ke Kabupaten Bandung Barat.

“Jelas kami terus mendorong agar wisata halal bisa terwujud walaupun sebetulnya dari dulu wisata kuliner yang ada di Bandung Barat sudah halal. Dan itu enggak perlu diragukan lagi. Tapi untuk lebih menyakinkan lagi, kami akan berkoordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait dengan pengembangan wisata halal,” kata Umbara di Lembang belum lama ini.

Wisata halal ini, lanjut Umbara, salah satunya untuk menarik wisatawan asing. Pasalnya, objek wisata di Bandung Barat banyak dikunjungi wisatawan dari Malaysia dan sejumlah negara Timur Tengah.

“Objek wisata di Bandung Barat sudah dilengkapi dengan sarana ibadah, seperti masjid ataupun minimalnya musala. Itu sudah menunjukkan wisata dengan kulinernya di Bandung Barat sudah halal,” tambahnya. “Apalagi pada tahun 2020 akan ada 10 objek wisata baru. Semuanya di luar Utara,” ucapnya.

 

Objek wisata baru tersebar di Kecamatan Cipongkor Cikalongwetan, Cipeundeuy, Gununghalu sampai Rongga. Di Cipongkor akan dibangun bumi perkemahan yang diklaim terbesar di Indonesia.

“Semuanya wisata alam, seperti situ, air terjun sampai bumi perkemahan. Sebagai sarana pendukung, nanti akses jalan ke objek wisata baru diperlebar dan diperbaiki,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengelolaan Destinasi Parwisata pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan KBB, David Oot membenarkan jika saat ini Pemkab Bandung Barat telah menempuh proses agar wisata halal bisa terwujud.

“Saya minggu kemarin sudah datang ke Kemenpar dalam penyusunan finalisasi nota kesepahaman antara Kemenpar dengan Pemkab Bandung Barat dalam rangka pengembangan wisata halal. Kami terus mendorong agar di Bandung Barat ini menciptakan wisata halal untuk memanjakan pengunjung yang datang,” pungkasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan