Pemkab Dorong Potensi Produk UKM

NGAMPRAH– Pemkab Bandung Barat berkomitmen untuk mendorong para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) untuk lebih maju dan berkembang. Hal itu dikarenakan saat ini, sejumlah negara di belahan dunia telah membidik Kabupaten Bandung Barat di antaranya kopi, sayuran, bunga potong dan kerajinan.

“Prioduk hasil dari UKM sudah banyak diminati dari berbagai negara luar. Selain kopi yang sudah tembus ke pasar eropa, produk bunga potong juga sekarang sudah bisa ekspor sampai ke Singapura, karena potensinya besar tinggal kita terus dorong pemasaran agar lebih maju,” kata Ade Wahidin, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kabupaten Bandung Barat, di Ngamprah Senin (5/8).

Ade menyebutkan, pelaku UKM di KBB saat ini berlomba-lomba untuk menghasilkan produk yang berdaya saing agar mampu menembus pasar ekspor.

Termasuk saat ini, kata dia, pemasaran produk-produk unggulan UKM melalui online terus dilakukan. “Beberapa produk unggulan, khsusnya kuliner hingga pernak-pernik yang menonjolkan ciri khas KBB, akan kami coba bantu pasarkan,” ujarnya.

Ade menyebutkan, jumlah UKM yang terdaftar di KBB saat ini berjumlah 11.000. Adapun saat ini, inventarisir jumlah UKM tengah dilakukan oleh Pemkab Bandung Barat.

“Sengaja mendata agar para pelaku UKM ini bisa terakomidir dan bisa dibantu. Karena, jika melihat data cukup banyak juga UKM yang belum terdaftar.Selain itu, sekarang kita juga sedang inventarisir, makanan apa saja yang memenuhi kriteria untuk di ekspor,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perencanaan Pengembangan Iklim dan Promisi pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) KBB Dadang Dahyar mengatakan, Pemkab Bandung Barat terus melakukan promosi untuk beberapa sektor unggulan mulai dari pariwisata, perdagangan dan pertanian.

Apalagi menurutnya, dari hasil agenda promosi di acara Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) di Jakarta Convention Center Senayan Jakarta lalu, itu dinilai berdampak positif pada peluang invenstasi di KBB. “Banyak dari produk asal Bandung Barat ini yang begitu ditunggu dan dicari oleh orang luar negeri,” pungkasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan