Pemilu Serentak Perlu Evaluasi

SOREANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung memberikan apresiasi ke­pada para petugas yang menga­wal pelaksanaan Pemilu Se­rentak 2019. Mulai dari Ko­misi Pemilihan Umum (KPU), Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pemungutan Suara (PPS), Panitia Pemilihan Ke­camatan (PPK), maupun pe­tugas pengamanan dari TNI/Polri dan Perlindungan Ma­syarakat (Linmas) di tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung Teddy Kusdiana mengatakan, feno­mena yang baru terjadi ter­jadi saat pelaksanaan pemilu serentak 2019. Walau demikian, pihaknya sangat mengapre­siasi kinerja semua pelaksana dan pejaung demokrasi, khu­susnya di Kabupaten Bandung.

”Kami segenap jajaran Pem­kab Bandung, sangat menga­presiasi para petugas di la­pangan atas terlaksananya pemilu 2019 ini. Kami juga mengucapkan rasa prihatin dan turut berbela sungkawa atas meninggalnya para pe­juang demokrasi, yang kele­lahan di tengah tugas menga­wal jalannya pemilu ini,” kata Teddy disela-sela acara pembukaan Rapat Pleno Ter­buka Rekapitulasi Hasil Pen­ghitungan Perolehan Suara Pemilu Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Bandung di Hotel Sutan Raja Soreang, Senin (29/4).

Menurutnya, fenomena ini baru pertama kali terjadi, oleh karena itu pihaknya berharap ada evaluasi ter­kait pelaksanaannya di la­pangan agar kejadian ser­upa tidak terulang lagi. Namun ia menilai, kinerja KPU Kabupaten Bandung patut mendapat apresiasi.

”Secara keseluruhan, pelaks­anaan pesta demokrasi kali ini di Kabupaten Bandung berjalan lancar dan aman. Saya juga berharap mudah-mudahan rekapitulasi tingkat kabupaten yang dimulai pada hari ini, dapat mencapai ha­sil yang final sesuai jadwal yang telah ditentukan,” tutur­nya.

Rekapitulasi yang dijadwal­kan rampung pada 1 Mei mendatang itu, imbuh Teddy, agar hasilnya segera disera­hkan ke tingkat provinsi.

”Di tingkat provinsi juga akan dilakukan penghitungan. Ini merupakan bukti bahwa pen­ghitungan sangat transparan dan terbuka, karena disaksi­kan oleh partai politik (parpol) peserta pemilu maupun awak media,” katanya.

Teddy mengucapkan terima kasih kepada seluruh masy­arakat Kabupaten Bandung atas partisipasinya dalam pesta demokrasi kali ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan