Pembuatan Dekorasi Kota Disesuaikan dengan Ciri Khas Daerah

CIMAHI– Pemerintah Kota Cimahi melalui  Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) membuat berbagai tugu diberbagai sudut kota perbatasan antara Cimahi dengan daerah lain. Selain sebagai batas kota, tugu-tugu tersebut juga sebagai dekorasi kota agar tampak lebih indah.

Kepala Bidang Perumahan dan Permukiman DPKP Kota Cimahi Yani Rijaningsih didampingi Kasi Pertamanan dan Dekorasi DPKP Kota Cimahi Mira Nurmeita Gantini mengungkapkan, saat ini pihaknya sudah menggarap beberapa dekorasi kota diberbagai kawasan perbatasan seperti, di Kelurahan Pasirkaliki perbatasan Gunungbatu yang merupakan perbatasan antara Cimahi dengan  Kota Bandung. Kemudian di Kelurahan Utama perbatasan dengan Margaasih yang merupakan perbatasan antara Cimahi dengan Kabupaten Bandung serta di Kelurahan Cipageran berbatasan dengan Cisarua yang merupakan perbatasan antara Cimahi dengan Kabupaten Bandung Barat.

”Dekorasi fungsinya sebagai penanda kota. Kebetulan daerah lain tidak membangun tugu penanda itu, jadi kesempatan Cimahi untuk membuat dekorasi kota yang menarik,” ungkap Yani, saat ditemui di Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi, Jalan Raden Demang Hardjakusumah Kota Cimahi, kemarin (21/1)

Penerapan bentuk dekorasi yang dibuat, kata Yani, diambil dari nilai kekhasan wilayah tersebut. Ia mencontohkan untuk di Kelurahan Pasirkaliki, karena di wilayah tersebut ada beberapa produsen batik Cimahi, maka pihaknya menonjolkan motif  batik pada tugu yang dibuat.

”Kalau di Utama bentuknya mirip kubah mesjid karena banyak pesantren, di Cipageran bentuknya menyerupai kujang karena terdapat Kabuyutan Cipageran,” ucapnya.

Menurutnya, selain tugu perbatasan, pihaknya juga membuat dekorasi kota yang lain,  diantaranya adalah sign atau penanda di titik taman pulau yang berbentuk kubus bertuliskan Cimahi di ruas Jalan Sriwijaya dan Jalan Gatot Subroto serta pembuatan gapura gang di sejumlah ruas jalan utama Kota Cimahi. Diantaranya, sepanjang Jalan Jenderal Amir Mahmud, Jalan Daeng Muhammad Ardiwinata, Jalan Kerkoff, Mahar Martanegara dan Cipageran.

“Untuk gapura unsur warna kita ambil dari lambang Kota Cimahi, ada yang pakai biru-merah, oranye-hijau. Dekorasi kota juga agar meningkatkan estetika kota. Fungsi utamanya sih mempertegas identitas,” ujarnya.

Sementara di tahun 2019 ini, yani mengaku,  pihaknya tengah fokus pada pembangunan taman bertema militer. Hal itu untuk mendukung program Wisata Militer Kota Cimahi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan