Pemain Pengganti Dinilai Bisa Jalankan Intruksi Pelatih

BANDUNG – Meski tanpa beberapa pemain pilarnya, Persib Bandung tetap dapat memerlihatkan keperkasaannya saat menjamu Arema Malang di Stadion Si Jalak Harupat pada Selasa (12/11) yang baru lalu.

Menurut mantan pemain Persib, Yudi Guntara, hasil yang diraih Supardi Nasir tersebut tak lepas dari kejeniusan pelatih Robert Alberts. Selain itu, para pemain pengganti bisa membuktikan diri dan menjawab kepercayaan pelatih.

”Ya merata. Ghozali sama dengan Frets, Erwin, malah mereka cetak gol. Iya dia bisa jawab kepercayaan pelatih. Robert Alberts juga sangat jenius taktik dan strateginya,” kata Yudi saat ditemui di Grha Persib, dilansir dari republikbobotoh.com

Menurut pemain yang pernah mendapat pujian dari pelatih AC Milan saat itu, Fabio Capello, juga mengatakan, Robert bisa mengakali absennya para pemain inti dan tidak panik.

”Kalau yang biasa mah engga ada striker itu panik. Tapi ini juga cepat mainnya. Kalau yang tidak punya bola terus berlari sehingga pemain Arema fc juga kebingungan,” ujarnya.

Dia menilai, perlahan tapi pasti, pelatih Persib Robert Alberts mulai menemukan bentuk permainan dan formasi yang tepat untuk timnya. Padahal, lanjutnya, pelatih asal Belanda ini sempat meraba-raba dan seolah menjadikan pertandingan di kompetisi resmi sebagai ajang ujicoba formasi pemain.

”Saat pertama kali menukangi Persib, Robert menjadikan putaran pertama sebagai eksperimen.Terutama di bagian tengah. Abdul Aziz ga pernah main waktu itu, tapi dilihat dengan kejelian pelatih di uji coba dan langsung menemukan top performa Aziz. Sekarang sudah ketauan Omid-Aziz-Kevin (posisi gelandang tengah),” terangnya.

Dia menjelaskan, menanjaknya performa Persib dan keberhasilannya merangsek ke papan atas klasemen adalah kejelian Robert Alberts itu sendiri. Yudi mengakui jika eks pelatih PSM Makassar ini adalah pelatih yang berpengalaman.

”Kalau pelatih yang belum pengalaman pasti panik, tidak adanya Kevin, Ndouassel, Febri, Ardi, atau Vizcarra. Tapi Robert Alberts sudah ada modal seperti Frets bagaimanan, Erwin bagaimana, Ghozali bagaimana, Zalnando bagaimana,” jelasnya.

Oleh karena itu, Yudi menilai jika manajemen Persib wajib mempertahankan Robert hingga dua tahun ke depan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan