Pelayanan Harus Tetap Optimal

NGAMPRAH– Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna meminta seluruh ASN di lingkungan Pemkab Bandung Barat tetap bekerja optimal dan bisa meman­faatkan momentum bulan Ramadan untuk membersi­hkan diri, hati dan lingkungan­nya. Kinerja dan pelayanan kepada masyarakat pun harus tetap dilakukan secara mak­simal, meski harus bekerja dalam kondisi menjalani puasa.

“Tidak ada alasan hanya karena berpuasa, menyurut­kan semangatnya saat be­kerja. Jalani puasa di bulan Ramadan ini dengan penuh semangat dan karena Allah. Itu semua harus menjadi do­rongan bagi diri kita pribadi, agar tidak mengurangi ki­nerka meski sedang berpua­sa,” kata Umbara, Minggu (5/5).

Menurut Umbara, semua hal positif yang dilakukan oleh seorang muslim saat sedang menjalani puasa di bulan Ramadan ini adalah ibadah. Sehingga, sekecil apapun ke­baikan yang bisa dilakukan dengan sebuah keikhlasan jangan sampai disia-siakan.

Selain itu, Umbara mengha­rapkan, seluruh jajarannya senantiasa mampu menahan diri dari segala sesuatu yang dapat mengurangi pahala saat beruasa. Baik itu yang ber­kairan dengan ucapan, per­buatan dan prilaku dalam kehidupan sehari-hari.

“Setiap muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah. Salah satunya yang bisa dila­kukan para PNS, yaitu me­layani kepentingan masyara­kat yang juga termasuk ibadah,” katanya.

Bulan Ramadan ini, lanjut dia, juga bisa dijadikan seba­gai media untuk PNS mem­bentuk setiap pribadi muslim yang santun, berkesuaian antara ucapan dan tindakan. Tidak hanya sebatas meng­gugurkan kewajibannya saja.

Tidak hanya itu, kondisi lingkungan di Kabupaten Bandung Barat yang tergolong cukup buruk menuntut semua pihak untuk tetap bersama-sama menjaganya. Jangan sampai karena sedang ber­puasa, keinginan menjaga dan membersihkan lingkungan jadi menurun.

“Yang biasanya rajin bersih-bersih, tapi karena puasa jadi tidak. Itu jangan sampai terjadi. Semuanya harus kita lakukan dengan penuh keik­hlasan dan semangat,” pung­kasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan