Pecah Kaca Mobil Jadi Tren Penjahat

CIMAHI – Maraknya pencurian bermodus pecah kaca menjadi perhatian jajaran Polsek Cimahi. Khususnya bagi kendaraan roda empat yang terparkir di pinggir jalan utama terutama di malam hari.

Kapolsek Cimahi, Kompol Indarto, mengungkapakan, Cipageran merupakan salah satu wilayah yang rawan terjadi aksi pencurian dengan modus pecah kaca tersebut. Sebab daerah tersebut mempunyai  banyak akses yang bisa memudahkan para pelaku untuk melarikan diri.

”Pelaku paling senang melakukan aksinya didaerah itu (Cipageran). Beberapa kejadian memang kerap terjadi di daerah tersebut,” ujar Indarto, saat ditemui di Gudang Hardjuno, Jalan Encep Kartawirya, Kota Cimahi, Kamis (14/3).

Untuk itulah, daerah Cipageran menjadi perhatian khusus dari jajaran Polsek Cimahi. Sebab, daerah tersebut banyak terdapat Komplek Perumahan yang penghuninya banyak memarkirkan kendaraannya di pinggir jalan.

”Kalau seperti itu pelaku pencurian sangat mudah untuk memetik hasilnya. Jadi otomatis skala prioritasnya kami melakukan patroli dan pola pengamanannya ke lokasi itu,” ucapnya.

Untuk itu, pihaknya menghimbau kepada pemilik kendaraan yang memarkirkan kendaraannya di pinggir jalan karena tidak memiliki garasi agar lebih waspada dan jangan menyimpan barang berharga di dalam mobil.

”Jangan menyimpan barang berharga yang bisa memancing adanya pencurian dalam mobil. Meskipun gak ada dalam mobil kalau kacanya dipecahkan kan sayang,” kata Indarto.

Pihaknya juga meminta kepada masyarakat agar segera melaporkan ke aparat kepolisian apabila menjadi korban pecah kaca mobil, agar pihaknya bisa mudah mengungkap kasus yang kerap terjadi tersebut.

”Kita akan tetap berupaya mengungkap kasus itu dengan melibatkan anggota kita semua dan mengumpulkan informasi dari informan agar bisa melakukan upaya preventif,” kata dia.

Untuk pencegahan terjadinya pencurian, pihaknya mengklaim kerap melakukan patroli, termasuk di wilayah rawan.

”Selain itu, keberadaan bhabinkamtibmas juga terus dimaksimalkan untuk melakukan pencegahan di setiap wilayah,” katanya.

Selain itu, lanjut Indarto, pihaknya terus meningkatkan patroli dengan melibatkan anggotanya dan meningkatkan pengawasan untuk antisipasi dan mencegah banyaknya aksi pecah kaca tersebut.

”Intinya kita akan mengungkap kasus itu dan melakukan pencegahan sebagai bentuk antisipasi,” pungkasnya.(ziz)

Tinggalkan Balasan