PDIP Tempati Posisi Teratas di KBB

NGAMPRAH – Elektabilitas PDIP di Kabupaten Bandung Barat masih menempati po­sisi teratas menjelang dua bulan jelang Pemilihan Le­gislatif (Pileg) 2019. Hal itu berdasarkan survei dari In­dopolling Network. Menurut Direktur Indopolling Network Wempy Hadir, ber­dasarkan hasil survei Indopol­ling, elektabilitas PDIP be­rada di posisi teratas sebesar 23,9 persen. Sementara po­sisi kedua di tempati Partai Gerindra dengan elektabilitas sebesar 15,5 persen.

Sementara parpol lainnya, yakni Partai Golkar 11,6 per­sen, PKS 8,2 persen, Partai Demokrat 5,5 persen, Partai Perindo 3,9 persen, PPP 3,2 persen, PKB 3,2 persen, Par­tai NasDem 2,3 persen, PAN 1,4 persen, PBB 0,5 persen, dan Partai Hanura serta Par­tai Berkarya masing-masing 0,2 persen. Sedangkan pemi­lih yang belum menentukan pilihannya (undeecided voters) masih tersisa 20,7 persen.

“Dibandingkan dengan Pe­milu 2014, posisi PDIP tidak mengalami pergeseran dan berpotensi tetap bertahan sebagai pemenang pada Pileg 17 April 2019 mendatang,” sebut Wempy dalam kete­rangan tertulisnya, kemarin.

Wempy melanjutkan, hal menarik dari temuan survei­nya, yakni elektabilitas Partai Gerindra yang menempati posisi runner up. Pada Pe­milu 2014 lalu, posisi tersebut diduduki oleh Partai Golkar.

“Temuan ini mengonfir­masi bahwa Partai Gerindra sedang menikmati coattail effect dari pencapresan Pra­bowo Subianto,” katanya.

Wempy mengemukakan, dari sebaran wilayah dukungan zona daerah pemilihan (dapil) DPRD kabupaten, PDIP unggul di zona dapil II dan III. Semen­tara dapil I dan IV menjadi wilayah perebutan suara an­tara PDIP dan Partai Gerindra. Sedangkan Partai Golkar ung­gul di zona dapil V.

“PDIP juga terlihat unggul di segmen pemilih dengan kelompok umur di atas 25 tahun. Sementara pemilih pemula (kelompok umur 17-25 Tahun) terlihat dikuasai oleh Partai Gerindra,” pung­kasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan