Pariwisata Jadi Lokomotif Masa Depan Jawa Barat 

Gatot menambahkan, bantuan yang diterima oleh Pemerintah daerah diharapkan menjadi aktivitas–aktivitas yang menunjang terhadap kegiatan pariwisata. Sehingga dapat menumbuhkan perekonomian di daerah.

Senada dengan pernyataan Gatot, Hendra Nugraha Koordinator Creative Hub Kabupaten Sumedang –yang pada tahun ini akan membangun Creative Center di tempatnya– menyatakan bahwa kebijakan mengenai pembangunan sektor pariwisata di daerah adalah kebijakan yang akan berdampak kepada semua aspek. Sehingga, Pemerintah Daerah Sumedang pun berfokus pada pembangunan pariwisata.

“Untuk menciptakan ekosistem pariwisata  dilakukan juga secara masif oleh pemda Sumedang. Sektor pariwisata akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi. Pemda Sumedang juga membentuk Komite Pariwisata Daerah, Badan Ekonomi Kreatif daerah. Hal itu untuk mendukung terwujudnya ikon pariwisata di Sumedang yang memiliki jati diri dan unsur budaya,” paparnya.

Terkait promosi berbasis digital, Pemerintah Provinsi Jawa Barat meluncurkan Sistem Pariwisata Terpadu (Siraru) dan aplikasi Smiling West java. Sistem tersebut mampu mengintegrasikan kegiatan pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, dan penyedia jasa wisata. Selain itu informasi mengenai calender of event di Jabar bisa dilihat langsung melalui apps Smiling West Java.

Jika melihat dari informasi tersebut, maka sudah selayaknya kepariwisataan Jawa Barat akan mengalami peningkatan. Dengan goal utamanya adalah menjadikan pariwisata sebagai sumber ekonomi dan lokomotif pembangunan. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan