PAPERUN Donasikan Buku ke 60 Taman Bacaan

PANDEGLANG – Dalam rangka menyambut Hari Literasi Internasional, sekaligus mendukung gerakan literasi tanah air, program Charity Fun Run 5K PAPERUN 2019 yang diselenggarakan Juni lalu merealisasikan donasi buku hasil sumbangan para peserta.

Donasi ini akan disalurkan ke 60 Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di wilayah yang pernah terkena bencana alam, mencakup wilayah Banten, Lampung, Sulawesi Tengah, dan Nusa Tenggara Barat.

Mengawali program tersebut, Asia Pulp and Paper (APP) Sinar Mas bekerja sama dengan gerakan #AkuBaca Kompas, menggelar acara “Peluncuran Program Buku Bergerak untuk Nusantara” yang diadakan di TBM Saung Huma, Kampung Curug Luhur, Desa Cikondang Waringinjaya, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Saung Huma merupakan TBM rintisan baru. TBM sebelumnya yang berada di wilayah Sumur, Pandeglang, diimbau untuk relokasi karena menimbang lokasinya yang berdekatan dengan pantai.

”Kami berterima kasih atas inisiasi program ini. Kegiatan donasi buku seperti ini merupakan yang pertama kalinya  diterima oleh TBM kami. Sebelumnya, kami rata-rata mendapat sumbangan dari perorangan, bahkan beberapa buku bekas juga kami terima,” ungkap penanggung jawab TBM Saung Huma Munawir melalui siaran pers yang diterima Jabar Ekspres, Selasa (10/9)

Dia juga mengapresiasi dua perusahaan besar seperti APP Sinar Mas dan Kompas Group yang bahu-membahu mendukung literasi di tanah air, hingga meski jauh mereka mau datang ke TBM.

”Semoga program ini dapat menginspirasi perusahaan lainnya untuk membantu meningkatkan literasi di Indonesia, khususnya di daerah kami,” tandasnya.

Terpisah, Direktur APP Sinar Mas Suhendra Wiriadinata mengatakan, melalui kegiatan ini, pihaknya berharap dapat menjadi momentum untuk meningkatkan minat baca dan tulis masyarakat, khususnya di daerah-daerah yang tingkat literasinya masih rendah.

”Buku merupakan kunci untuk meraih masa depan kita, dengan membaca seseorang tidak hanya menambah pengetahuan diri, tetapi juga akan mampu berbuat sesuatu untuk mengubah masa depannya,” kata Suhendra.

Charity Fun Run 5K PAPERUN 2019 sendiri merupakan program yang diinisiasi APP Sinar Mas bersama Harian Kompas dalam rangka mendukung pemerintah meningkatkan minat baca masyarakat. Hal ini dilatarbelakangi dari riset UNESCO pada 2012 yang memperlihatkan indeks minat baca Indonesia hanya sebesar 0,001 persen. Artinya, dari 1.000 penduduk hanya ada 1 orang yang suka membaca. Sementara itu, menurut studi “The World’s Most Literate Nation” yang dilakukan oleh Central Connecticut State University pada 2016, Indonesia menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara dalam hal minat baca.

Tinggalkan Balasan