Objek Wisata Diserbu Ribuan Pengunjung

NGAMPRAH– Selama libur Lebaran, keberadaan objek wisata di Kabupaten Bandung Barat diserbu ribuan peng­unjung dari berbagai daerah. Terutama objek wisata di wi­layah utara mulai dari Lembang, Parongpong hing­ga Cisarua.

Sejak H+1 Lebaran atau Ka­mis (6/6) lalu, masyarakat yang datang dari dalam maupun luar daerah mulai memadati tempat-tempat wisata favorit seperti Gunung Tangkuban­parahu, Orchid Forest, Floa­ting Market dan lainnya.

Pengelola Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tang­kubanparahu, Putra Kaban membenarkan, jika kunjung­an pada libur Lebaran ini cukup ramai dikunjungi ma­syarakat dari berbagai daerah. Sejak hari Lebaran terjadi peningkatan kunjungan wi­satawan, terutama dari luar wilayah Jabar seperti Jambi, Palembang, Denpasar dan Surabaya.

”Perhari ada puluhan ribu pengunjung, hari pertama lebaran rata-rata pengunjung dari luar kota, itu 95 persen. Tentunya kami bersyukur atas kepercayaan pengunjung yang sudah jauh-jauh datang ke­mari untuk menikmati wi­sata di Tangkubanparahu,” katanya, di Lembang, Minggu (9/6).

Untuk memberikan pelaya­nan bagi wisatawan, pihaknya lakukan perbaikan infrastruk­tur menuju kawasan objek wisata, penambahan fasilitas, penataan dan pembinaan pedagang hingga menambah pegawai yang bertugas men­gatur kendaraan.

”Allhamdulilah, masyarakat tetap percaya mau datang ke sini walaupun Lembang ini sering terjadi kemacetan,” ujarnya.

Dia menginginkan, ke de­pannya wisatawan bisa lebih nyaman dan tidak lagi terjebak kemacetan di Lembang. Oleh karena itu, Kaban meminta pihak terkait bisa duduk ber­sama untuk mencari solusi mengatasi kemacetan yang sering terjadi saat musim li­buran seperti sekarang.

”Bagaimana cara menga­tasi, saran-saran misalnya bisa dibuatkan terminal besar, kemudian disediakan ontang-anting untuk antar jemput pengunjung,” jelasnya.

Tak hanya Tangkubanpa­rahu, objek wisata lainnya seperti Taman Begonia juga mengalami kunjungan signi­fikan selama liburan kali ini.

Owner Taman Begonia, Erna Saleh mengaku, dalam sehari tercatat ada sekitar 2 ribuan pengunjung yang da­tang ke objek wisata yang terkenal dengan koleksi bung­anya ini. ”Rata-rata sejak hari libur pertama lebaran, ada sekitar dua ribuan pen­gunjung yang datang ke Be­gonia,” ungkapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan