Ngeri, Penumpang Pesawat Bawa Ratusan Peluru

SURABAYA – Seorang pria berinisial SP diamankan petugas di Bandara Internasioal Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur. Pria berusia 36 tahun itu kedapatan membawa ratusan peluru senjata api.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera mengatakan pria tersebut merupakan warga Bukit Pakis Utara, Surabaya.

“Pelaku menumpang pesawat China Airlines CI-751 dari negara Taiwan, transit di Singapura, sebelum kemudian mendarat di Bandara Internasional Juanda pada sekitar pukul 23.00 WIB Sabtu malam, 23 Februari,” katanya, Minggu (24/2).

Barang-barang bawaan SP dinilai mencurigakan saat melewati deteksi Sinar X di Bandara Juanda Surabaya.

“Kemudian dilakukan pemeriksaan secara manual dengan membongkar barang-barang di dalam koper yang dibawanya,” ucap Barung.

Petugas menemukan lima bungkus mencurigakan berbalut isolasi warna putih yang ditempatkan di antara tumpukan baju di dalam koper.

Menurut Barung, lima bungkus berbalut isolasi warna putih itu setelah dibongkar berisi total 400 butir proyektil senjata api berbagai jenis. “Juga ada beberapa bagian senjata api yang dibawanya,” katanya.

SP dalam penerbangan itu tidak sendirian, melainkan bersama tiga anggota keluarganya, masing-masing berinisial SoP, TV dan SIP, yang semuanya terdata sebagai warga negara Indonesia.

“Mereka mengaku pulang liburan dari Oregon, Amerika Serikat. Dari sanalah ratusan proyektil senjata api berbagai jenis ini didapat,” ucap Barung.

SP dalam proses penyelidikan sempat menunjukkan karto anggota Persatuan Penembak Indonesia (Perbakin) Nomor 1177/13/B/2017 atas namanya sendiri.

Barung menandaskan sampai sekarang proses penyelidikan masih berlangsung. “Kami menduga ratusan amunisi proyektil dan beberapa bagian senjata api itu dibawanya masuk ke Indonesia secara illegal,” katanya.(ant/fin)

Tinggalkan Balasan