Musim Kemarau Belum Terlalu Berpengaruh Pada Stok Air Bersih

CIMAHI –Musim kemarau tidak terlalu berpengaruh terhadap ketersediaan air bersih di Sistem Pengolahan Air Minim (SPAM) Kota Ci­mahi. Bahkan Dinas Peru­mahan dan Kawasan Pemu­kiman (DPKP) menyebutkan, ketersediaan air bersih yang dikelola UPT Air itu masih cukup untuk mensuplai ma­syarakat yang terdampak krisis air bersih.

Kepala DPKP Kota Cimahi, Muhammad Nur Kuswan­dana mengatakan, kapasitas pengolahan air yang terletak di Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi itu menca­pai 50 liter per detik yang dimanfaatkan oleh seba­nyak 2.600 Sambungan Ru­mah (SR), dari kapasitas maksimal 5.000 SR.

”Hingga saat ini kita masih bisa suplai. Stok air masih memenuhi, bahkan lebih. Sekarang kita hanya dua kali produksi, padahal masih bisa ditingkatkan sampai empat kali produksi,” katanya, di Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi, Jalan Demang Har­djakusumah, Jumat (28/6).

Menurutnya, sumber air yang dikelola UPT Air Bersih DPKP Kota Cimahi itu berasal dari Sungai Cimahi. Sejauh ini, aliran sungainya masih ter­pantau normal meski ada sedikit penurunan.

Insyaalloh stok bakal aman selama musim kemarau. Jadi kemarau ini belum ber­pengaruh ke sumber air. Ta­hun lalu juga aman pas ke­marau,” ujarnya.

Diterangkannya, SPAM ber­kapasitas 50 liter per detik yang dibangun itu khusus untuk melayani cakupan air bersih di wilayah Karang Me­kar dan Cigugur Tengah. Namun jika musim kemarau seperti sekarang, air juga bisa disuplai menggunakan mobil tangki sesuai permin­taan warga.

”Tahun lalu masih aman kita suplai 600-700 truk ke masyarakat. Tahun ini juga kita siapkan dua kendaraan tangki untuk masyarakat,” terangnya.

Terpisah, Kepala Pelaksana Badan Penangguulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi, Nanang mengim­bau masyarakat agar meng­gunakan air sehemat mungkin. Khususnya di wilayah yang sering terdampak krisis air bersih.

“Sebaiknya yang efisien aja. Kalau ada krisis laporkan ke BPBD atau DPKP,” imbuh Nanang.

Sejauh ini, lanjut Nanang, pihaknya belum menerima laporan adanya bencana ke­keringan di Kota Cimahi. Namun demikian, jika ada musibah seperti krisis air ber­sih pun, biasanya laporannya masuk ke DPKP Kota Cimahi.

Tinggalkan Balasan