MPLS Berikan Pengetahuan dan Kecintaan Terhadap Tanah Air

BANDUNG – Sebagian Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Bandung sudah mulai melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Di hari pertama masuk sekolah bagi para siswa baru tahun ajaran 2019-2020 tersebut, tak sedikit orangtua siswa yang ikut mengantar anaknya.

Seperti yang terjadi di SMP Negeri 42 Kota Bandung, di sekolah yang terletak di Jalan Manjahlega tersebut tampak orangtua siswa ikut antusias memperhatikan anaknya yang sedang melakukan kegiatan MPLS.

Ketua Panitia MPLS, SMP Negeri 42 Kota Bandung, Aceng Kurnias mengatakan, MPLS akan berlangsung selama tiga hari. Dalam kegiatan tersebut, para siswa baru mendapatkan pengetahuan atau menerima beberapa materi seperti tentang lingkungan, kebangsaan, nasionalisme dan cinta tanah air.

”Kita awali siswa baru ini dengan pemeberian wawasan tentang suasana lingkungan sekolah,” kata Aceng, disela-sela kegiatan MPLS, Jumat (12/7).

Menurutnya, para siswa yang diterima di SMPN 42, selain memiliki kecerdasan akademik, mereka juga harus memahami wawasan kebangsaan, sehingga mereka kelak akan memiliki jiwa nasionalisme dan cinta tanah air.

”Wawasan kebangsaan ini harus diberikan kepada siswa agar mereka menjadi generasi tangguh,” ujarnya.

Sementara itu, Riza Zahara salah seorang orangtua siswa baru, menyambut baik pelaksanaan MPLS dihari pertama masuk sekolah. Sebab, selain sebagai persiapan sekolah, siswa juga bisa mengenal lingkungan sekolah barunya serta bisa mulai saling mengenal satu sama lainnya.

”Menurut saya ini bagus, karena jadi tahu apa-apa saja yang akan dijalani anak kami. Sangat positif sehingga antara orangtua dan pihak sekolah menjadi saling mengenal dan terbuka,” ucap Riza.

Dia berharap ke depan anaknya dapat menimba ilmu dengan baik dan menorehkan prestasi di sekolah yang di banggakannya.

”Anak saya sangat senang bisa sekolah di sini. Apalagi, sekolah ini bisa menciptakan prestasi akademik,”pungkasnya (jat/ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan