MotoGP Seri Jepang Honda Sabet Double Winner

JAKARTA – Seri MotoGP Jepang masih milik Marc Marquez. Rider Repsol Honda keluar sebagai pemenang di Sirkuit Motegi, kemarin. Sementara Yamaha menempatkan pembalap mudanya Fabio Quartararo sebagai Rookie of The Year. Memulai pos balapan ketiga, rider Satelit Petronas Yamaha SRT itu menuntaskan balapan posisi finis kedua.

Bintang Prancis itu juga naik ke posisi enam klasemen sementara dengan 163 poin. Bedahalnya dengan rookie terbaik kedua, Joan Mir (Suzuki Ecstar) baru mengumpulkan 66 poin di urutan ke-13. Artinya, Quartararo berhak atas gelar Rookie of the Year 2019 saat balapan masih ada tiga seri lagi dengan raihan poin maksimal hanya ada 75 poin.

”Kami sudah bekerja maksimal. Dengan 163 poin ini merupakan pencapaian luar biasa. Secara resmi bahwa saya adalah Rookie of the Year, tapi saya harus menuntaskan tiga balap lagi,” katanya seperti dilansir Speedweek.

Sementara bagi Marquez, kemenangan di Motegi turut mempersembahkan gelar konstruktor untuk Honda. Artinya tahun ini, Honda meraih double winner termasuk gelar juara dunia bagi rider asal Spanyol tersebut.

Ya, Bagi Honda gelar ini lebih manis, karena terkunci di rumah mereka sendiri, sirkuit Twin Ring Motegi. Meski telah mengunci gelar juara dunia, Marquez membuat Honda menjauh dari pesaingnya Ducati dengan selisih 86 poin Tiga balapan tersisa, margin poin tersebut sudah cukup membuat Honda mengunci gelar konstruktor 2019 di kandang sendiri.

“Dua gelar sudah kami kunci, untuk menuju kesana, tantangan sudah sangat pelik. Gelar ini untuk semua orang di dalam tim yang telah bekerja sangat keras,” ujar Marquez dilansir situs resmi Repsol Honda Team.

Gelar ini menggenapkan trofi Honda yang ke delapan sebagai juara konstruktor. Sejak 2011 mereka hampir selalu menjadi nomor satu. Hanya di 2015 gelar itu lepas ke tangan Yamaha. Yakni ketika tim tersebut diperkuat Jorge Lorenzo yang saat ini membela Honda.

Total Honda kini sudah mengumpulkan gelar konstruktor sebanyak 70 buah dari berbagai kelas. Khusus untuk MotoGP, ini merupakan gelar ke-25 mereka. Jumlah itu membuat Honda makin merajai dengan menjadi pengumpul gelar konstruktor MotoGP terbanyak sepanjang masa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan