Memastikan Keandalan Listrik Jabar semakin Handal PLN UID Jabar laksanakan Bakti Tim PDKB Jabar

KARAWANG – PT PLN (persero) memiliki ‘pasukan khusus’ yang terlatih melakukan pemeliharaan, perbaikan, dan penggantian isolator, konduktor maupun komponen lainnya pada jaringan listrik. Pasukan tersebut melakukannya tanpa memadamkan aliran listrik atau dikenal dengan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB).

Apel Bhakti Semester ll ini dihadiri oleh Wakapolres Karawang Ryky Widya Muharam S.H.,S.I.K., Bupati Karawang, Dandim 0604/karawang, Asisten Sekda, dan GM PLN UID Jabar.

Sebanyak 18 tim PDKB dari 17 UP3 PLN se-Jawa Barat berkumpul di Karawang melakukan Bakti PDKB-TM 2019. Kegiatan ini untuk meningkatkan konsolidasi dan kinerja 197 personil PDKB melalui pekerjaan serentak perbaikan dan pemeliharaan jaringan listrik di sejumlah titik yang telah ditentukan. Potensi jumlah listrik dalam satuan kilo Watt hour (kWh) yang terselamatkan dalam kegiatan ini mencapai 411.009 kWh atau setara dengan pendapatan senilai Rp 469.372.363

General Manager PLN Distribusi Jawa Barat (Jabar), Iwan Purwana saat pelepasan Bakti PDKB mengatakan, tujuan utama PDKB adalah agar pelanggan tetap dapat menikmati listrik tanpa pemadaman.

“Seiring dengan ekspektasi pelanggan yang semakin tinggi, peranan PDKB dapat menjadi salah satu strategi untuk mengoptimalkan kontinuitas dan kecepatan pelayanan agar pelanggan tidak mengalami pemadaman saat pemeliharaan,” kata Iwan dalam keterangan tertulis di Karawang, Kamis (17/10).

Iwan menegaskan, keselamatan selalu menjadi perhatian utama meski pasukan khusus PLN bekerja tanpa memadamkan listrik. Dia menyebut menjadi personil PDKB itu tidak mudah. Kita tetap memegang komitmen untuk Zero Accident (tidak boleh ada kecelakaan kerja), patuh pada SOP, Teamwork dan Profesionalisme. Kemudian adanya Bakti PDKB-TM ini untuk terus memperkuat komitmen itu,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Karawang, dr. Celica Nurrachadiana MH memberikan apresiasi atas kegiatan Bakti PDKB. ” Saya berharap dengan berlangsungnya acara dapat meningkatkan citra baik PT PLN (Persero) melalui kontinuitas dan kecepatan pelayanan yang baik serta menjaga selalu keandalan pasokan energi listrik guna meminimalisir pemadaman yang dirasakan oleh pelanggan di wilayah kerja PLN di Karawang” ujarnya.

Selama 2019, melalui kegiatan pemeliharaan jaringan listrik tanpa harus melakukan pemadaman, jumlah kWh yang diselamatkan oleh tim PDKB-TM PLN Disjabar sebesar 20.100.400.624 kWh atau setara dengan nilai pendapatan Rp 20,1 miliar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan