Melalui Program ’One Man One Hope’ PLN UP3 Cimahi Berikan Sambungan Listrik Gratis

CIPONGKOR – Setelah hampir delapan tahun tidak teraliri listrik, akhirnya ratusan rumah warga di Kampung Rawa Santar, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, dapat merasakan adanya listrik yang membuat rumah mereka terang benerang saat malam hari.

Sambungan listrik tersebut mereka dapatkan secara gratis dari Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cimahi. Untuk dana pemasangan didapat dari hasil urunan sebanyak 108 pegawai PLN UP3 Cimahi.

Bantuan penyambungan listrik gratis tersebut One Man One Hope ini memberikan bantuan penyambungan listrik dengan daya 440 Watt bagi 120 kepala keluarga (KK) yang tersebar di seluruh wilayah KBB.

General Manager PT PLN (Persero) UID Jawa Barat, Agung Nugraha mengakui, berdasarkan alirannya, listrik di Jawa Barat mencukupi kebutuhan listrik masyarakat. Hanya saja, karena pelanggannya tersebar dengan jarak berjauhan, maka tidak semua masyarakat memiliki kemampuan menikmati listrik secara mandiri.

”Jadi memang diperlukan material yang banyak, investasi yang cukup tinggi (untuk melakukan pemasangan listrik),” kata Agung disela-sela pemberian sambungan listrik gratis, di Kampung Rawa Santar, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cipongkor, KBB, Senin (11/11).

Menurutnya, hampir semua masyarakat di KBB sudah menikmati listrik meskipun berdasarkan data tahun 2017 sebanyak 20 ribu KK di KBB masih reffering (menyambung listrik dari tetangga). Namun cara (referring) demikian sangat berisiko khususnya dalam hal keamanan.

”Komitmen kami, semua kepala keluarga punya listrik sendiri. Saat ini sudah 99,99 persen jadi kita target 2023 bisa terselesaikan,” ujarnya.

Sebagai upaya percepatan pemerataan listrik bagi seluruh masyarakat di Jabar, dia menerangkan, PT PLN UID Jabar akan bekerjasama dengan Pemprov Jabar dalam pelaksanaan program Jabar Caang. Yang mana dalam program ini tidak hanya mengandalkan satu sumber daya namun dilengkapi pula dengan energi alternatif dan energi terbarukan untuk memenuhi kebutuhan listrik bagi masyarakat yang tinggal di wilayah pelosok.

”Sampai saatnya nanti, kita harapkan seluruh masyarakat Jawa barat menikmati listrik secara mandiri melalui program Jabar Caang,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Barat, Bambang Tirtoyulistio menyebutkan, hampir semua warga di Jawa Barat sudah menikmati listrik. Hal itu terlihat dari rasio elektrifikasinya yang mencapai 99 persen lebih.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan