Masih Ada ASN Tak Hadir Apel Pertama Pasca Libur Lebaran

CIMAHI – Wali Kota Cimahi Ajay Muhamad Priatna meng­klaim tingkat kehadiran Apa­ratur Sipil Negara (ASN) yang mengikuti apel pertama pasca libur lebaran mencapai 97 persen.

Ajay mengatakan, kehadiran ASN di lingkungan Pemkot Cimahi tersebut sudah se­suai dengan apa yang telah diimbaukan kepada bawahan­nya sebelum melaksanakan libur panjang lebaran.

Alhamdulillah seluruh pe­jabat utama hadir semua,” kata Ajay, usai pelaksanaan apel pagi di lapangan Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusuma, Senin (10/6).

Menurutnya, tingkat keha­diran yang tinggi tersebut sebagai salah satu bentuk profesionailsme dari para ASN. Sebab, mulai hari ini mereka sudah harus mulai melayani masyarakat sebagai bentuk peningkatan kerja dan pe­layanan terhadap warga.

”Kita mulai lagi melayani masyarakat Cimahi. Kalau yang terjebak, sepertinya tidak ada kemacetan mudik,” tan­dasnya.

Ajay sendiri memimpin langsung Apel pagi. Tampak hadir dalam apel tersebut Wakil Wali Kota Cimahi Nga­tiyana dan para pejabat Pem­kot. Seperti biasa, apel dimu­lai pukul 07.30 WIB.

Bagi ASN yang terlambat da­tang mereka terpaksa menung­gu di luar karena gerbang ma­suk menuju Pemkot dikunci dan dijaga petugas Satpam.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Daerah (BPKSDMD), Ahmad Saefulloh menambahkan, jumlah ASN yang tidak hadir dihari pertama apel mencapai 65 orang.

”Sesudah ini, kita akan klasifikasikan dulu mana yang cuti, sakit, dinas luar dan yang tanpa kehadiran,” imbuh Ahmad.

Dia menjelaskan, hasil rekap kehadiran ASN kali ini akan langsung dilaporkan kepada Kementerian Aparatur Ne­gara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Terkait sanksi, lanjutnya, pihaknya akan mengacu pada Permen­pan RB Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS.

”Yang jelas, kalau hadir tanpa alasan itu jelas sanksi­nya ada pemotongan TKD (tunjangan kinerja daerah). Makannya kita akan kualifi­kasi dulu faktualnya,” pungkas Ahmad.(ziz)

Tinggalkan Balasan