Ma’ruf Amin: Indonesia Menuju Ekonomi Perbankan Syariah Terbesar di Asia Pasifik

BANDUNG – Calon wakil presiden nomor urut 01, KH Ma’ruf Amin menegaskan, bersama Joko Widodo akan mengantarkan Indonesia menuju ekonomi perbankan syariah terbesar di Asia Pasifik. Gagasannya, semua bank syariah BUMN akan dimerger menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI).

“Kita kembangkan lagi ekonomi syariah. Baik perbankan, asuransi, pasar modal, akan dibawahi oleh satu lembaga khusus yang membawahi bank BUMN syariah tersebut,” kata Ma’ruf Amin kepada Jabar Ekspres di Posko Komunitas Milenial Ma’ruf Amin For Indonesia (KAMI Indonesia), Jalan Sunda nomor 8, Kota Bandung, Sabtu (19/1).

Teknisnya, kata Rais Aam PBNU itu, BSI tersebut akan menjadi BUMN Kemenag. Alasannya, rata-rata kementerian sudah punya BUMN masing-masing. Makanya, peran ekonomi syariah akan diolah oleh Kemenag.

“Kita berupaya supaya perbankan syariah ini akan makin besar. Salah satunya dengan menyinergikan bank-bank BUMN tersebut,” kata dia.
“Bisa diperkecil, bisa juga hanya satu (BSI, Red), sambungnya.

Pola ekonomi syariah juga sudah masuk di institusi pendidikan. Menurut dia, UIN sudah memiliki fakultas ekonomi syariah.

“Step by stepnya terus digodok. Nah, kalangan milenial akan diarahkan untuk itu (ekonomi syariah, Red),” tandasnya. (rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan