Lingkungan Masih Menjadi Perhatian Khusus

SOREANG – Masih dalam rangkaian Hari Jadi Kabupaten Bandung ke-378, Bupati Bandung H. Dadang M Naser, bersama jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung, mengunjungi Kampung Cilodong yang dijadikan lokus homestay pada Hari Jadi Tahun 2017 lalu.

Menurutnya, dua tahun yang lalu lokasi tersebut dijadikan lokasi dalam rangkaian hari jadi. Kini, semakin tumbuh menjadi desa wisata terutama setelah hadirnya Karang Gantungan Water Boom.

”Kampung yang dulunya kumuh, setelah ditata menjadi asri dan kini semakin tumbuh menjadi potensi desa wisata. tempat yang kini dijadikan tempat wisata memiliki, pemandangannya masih alami, tinggal ditingkatkan dari segi pengelolaannya,” ungkap Dadang disela-sela kegiatan penanaman pohon di Kampung Cilodong Desa Karangtunggal Kecamatan Paseh, Minggu (21/4).

Dadang menjelaskan, kegiatan penanaman tersebut selaras dengan tema hari jadi yakni “Sabilulungan Ngaraksa Kertaraharja, Bandung 1.000 Kampung, Raksa Desa, Ngajaga Bumi Bakti Ka Lemah Cai”. Diusungnya tema tersebut, lantaran Pemkab Bandung saat ini fokus pada pembenahan lingkungan.

”Sabilulungan Ngaraksa Kertaraharja itu sendiri mengandung makna, sabilulungan menjaga, memelihara dan menumbuhkembangkan untuk mewujudkan tatanan kehidupan yang sejahtera lahir dan batin secara seimbang, serasi, adil dan merata,” jelasnya.

Sedangkan Raksa Desa, Ngajaga Bumi Bakti Ka Lemah Cai, tambahnya, mengandung makna bahwa desa sebagai ujung tombak pembangunan daerah diberdayakan melalui Raksa Desa, yang diharapkan dapat menuntaskan permasalahan sosial masyarakat. Dan bermuara pada tujuan pada pengabdian untuk ngabakti ka lemah cai, ke Kabupaten Bandung.

”Ini memiliki pengertian memelihara dan menjaga ketersediaan rumah yang layak, ketersediaan air yang bersih, kakus (jamban) yang sehat, pengelolaan sampah yang benar serta peduli terhadap alam sekitar,” paparnya.

Dadang berharap, kegiatan penghijauan tersebut tidak hanya dilakukan selama peringatan hari jadi saja, melainkan sudah menjadi habit seluruh masyarakat Kabupaten Bandung. Hal tersebut sesui dengan salah satu program prioritas pembangunan Kabupaten Bandung, yakni meningkatkan kualitas lingkungan.

”Saya berharap kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan ketika hari jadi atau saat pemerintah menggulirkan program lingkungan saja. Masyarakat harus mulai peduli terhadap lingkungan, minimal lingkungan tempat tinggalnya. Dengan semangat sabilulungan, mari kita tingkatkan kualitas lingkungan di Kabupaten Bandung,” akunya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan