Limbah Tahu Bisa “Disulap” jadi Biogas

NGAMPRAH– Saeful Ha­kim,34, warga Kampung Cip­utri RT 01/RW 08, Desa Lang­ensari, Kecamatan Lembang, mampu melakukan inovasi mengubah limbah produksi tahu dari pabriknya menjadi biogas, yang dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga.

Sejak berdiri pada 2015 lalu, awalnya limbah cair dari pa­brik tahu miliknya dibuang langsung ke sungai. Hingga akhirnya, ia ditegur dan di­minta oleh Satgas Citarum Harum untuk mengolah lim­bah tahunya pada 2018 lalu.

”Dari situ saya mulai membangun instalasi pengo­lahan air limbah produksi tahu. Ide pembuatan biogas ini, banyak cari tahu di inter­net. Kemudian saya mulai membeli alat dan merakitnya selama satu bulan. Proses ini menghabiskan sekitar Rp 30 juta,” ujar Saeful saat ditemui di pabriknya belum lama ini.

Diakui Saeful, dalam pro­sesnya alat biogas tersebut tidak langsung jadi begitu saja. Namun, dengan keule­tannya dan semangat tak pantang menyerah, akhirnya upayanya membuahkan ha­sil.

Instalasi pengolahan limbah tahu itu bisa mengolah dela­pan ribu liter air limbah tahu, yang dialirkan ke tanki penam­pungan bawah tanah sedalam tiga meter yang ditutup beton. Sisa produksi tersebut dife­rementasi selama satu hing­ga dua minggu, untuk men­ghasilkan gas methana.

”Paling bagus satu bulan, gas methana itu dialirkan melalui pipa. Kemudian langs­ung disambungkan dengan selang ke kompor di dapur untuk memasak,” katanya.

Setelah kenop gas dibuka, kata Saeful, api baru bisa muncul setelah dipancing oleh korek. Cara ini tidak berbahaya meskipun di bawah tanah yang dipijaknya ada gas dengan tekanan tinggi.

”Api yang keluar dari kompor memang tidak terlihat stabil seperti kompor gas LPG, tapi ketika dipakai untuk memasak daya panasnya tak kalah ung­gul. Setelah disalurkan, ham­pir tidak tercium bau dari gas. Kalau lama-lama ya ada bau sedikit, tapi tidak terlalu me­nyengat,” terangnya.

Rencananya, ia akan mem­bagikan biogas ini ke tetang­ganya yang terdekat melalui sambungan pipa. Sementara ampasnya, digunakan untuk pakan ternak.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan