Lestarikan Kain Tradisional Lewat Festival

BANDUNG– Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meminta Kota Bandung lebih sering menggelar festival atau pameran kain tradisional. Pasalnya hal itu dapat merangsang minat generasi muda memelihara warisan budaya bangsa berupa kain tradisional.

Yana menyakini, kain tra­disional sangat berpotensi meningkatkan daya saing di level internasional. “Ha­rapan saya acara ini men­jadi wadah generasi muda agar tidak pernah bosan melestarikan budaya indo­nesia. Menjadi inspirasi untuk memelihara warisan budaya Indonesia,” kata Yana saat membuka Festival Batik Bordir dan Tenun Nu­santara di Graha Manggala Siliwangi, Jalan Aceh, Rabu (1/5/2019).

Yana menyebut, beberapa kain khas nusantara seperti songket, ulos, batik, termasuk border dan tenun bisa didisain menjadi lebih modern. Mo­delnya un bisa mengikuti tren fesyen tanpa meninggalkan karakternya.

Tak hanya itu, Yana men­gungkapkan inovasi dalam dunia fesyen bukan hanya sekadar memelihara nilai budaya saja. Lebih dari itu, menurut Yana, produknya memiliki nilai ekonomis se­kaligus ikut mendongkrak dunia pariwisata.

“Indonesia kaya akan kera­gaman yang mengagumkan. Dari banyaknya keragaman tersebut adalah kain khas nusantara atau kain tradisio­nal. Dan masih banyak kain khas nusantara yang belum terekspose dan harus kita gali terus,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bandung, Siti Muntamah Oded sangat mengapresiasi perhelatan festival ini. Sebab mengikuti festival akan merangsang se­mangat para pengusaha baru di industri kreatif bidang fe­syen.

“Ini kegiatan sangat positif, bukan hanya menampilkan kreativitas tetapi ini salah satu acara sangat penting buat perajin start up,” ucap perempuan yang akrab disa­pa Umi Oded ini.

Dalam sebuah gelaran fes­tival, Umi menyatakan para produsen mendapat kesem­patan untuk mengetahui iklim pasar dan peta persaingan produk secara nasional. Se­hingga, hal itu menjadi bekal dalam merancang manajemen usaha agar lebih berkembang.

“Tentu acara seperti ini akan kita terus dukung. Kita akan terus mencari para perajin berkarakter, unggul dan inovatif dalam berkreativitas. Kita harapkan para perajin bisa menembus pasar internasional,” tan­dasnya. (mg1/drx)

Tinggalkan Balasan