Lembaga Bantuan Hukum bagi Bobotoh Segera Dibentuk

BANDUNG- Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) bagi Bobotoh akan segera terbentuk dalam waktu dekat. Saat ini hanya tinggal melengkapi beberapa berkas untuk terbentuknya wadah tersebut.

Otang Timika, Ketua Viking Jakarta, yang juga salah satu inisiator terbentuknya LKBH Bobotoh menceritakan, awalnya dia dan para inisiator lain ingin mendaftarkan wadah tersebut dengan nama LBH Bobotoh.

Namun karena di database Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) sudah terdaftar nama LBH Bobotoh, maka pihaknya pun bersepakat untuk menamai lembaga tersebut dengan LKBH.

“Untuk prosesnya, dari notaris kemarin sudah memberi tahu, tinggal melengkapi dan tanda tangan saja. Jadi sebenarnya, namanya bukan LBH Bobotoh karena LBH Bobotoh di Kemenkumham sudah ada. Saya juga tidak tahu siapa yang daftarin,” jelas Otang dilansir dilansir vikingpersib, kemarin.

“Jadi setelah notaris bilang LBH Bobotoh itu sudah ada, jadi kami mendaftarkan itu lembaga konsultasi dan Lembaga Bantuan Hukum Bobotoh, LKBH Bobotoh,” kata Otang menambahkan.

Otang melanjutkan LKBH Bobotoh didirikan sebagai wadah dan perlindungan hukum bagi bobotoh. Latar belakang terbentuknya LKBH Bobotoh sendiri tak lepas dari seringnya bobotoh, terutama yang berada di wilayah penyangga atau perbatasan dengan Ibukota Jakarta, mendapatkan intimidasi atau tindakan kekerasan dari Jakmania (suporter Persija Jakarta).

“Karena kami di sini selalu mengurus anak-anak rantauan bobotoh yang di Jakarta yang tersangkut kasus kekerasan atau intimidasi dari Jakmania. Karena kami sering mengurus itu, jadi kesepakatan kami mendirikan LBH,” tambahnya.

Meski diinisiasi oleh Viking Jakarta, Otang mengatakan bila LKBH ini tidak hanya memayungi anggota Viking, juga bobotoh secara ke seluruhan. Otang memaparkan, awalnya memang lingkup LKBH ini hanya menaungi Bobotoh yang berada di kawasan Jabodetabek saja.

Namun, setelah berkonsultasi dengan banyak pihak, yang salah satunya adalah Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahyono, hingga disepakati bila LKBH ini menaungi seluruh Bobotoh.

“Setelah itu saya bicara sama Yana Umar (Dirigen Viking Persib Club), selanjutnya itu, kita sepakat mendirikan LBH ini sama Mang Yana, Viking Pusat. Walaupun kami di Viking, tapi LBH ini untuk Bobotoh, kebetulan yang inisiatif dari kita saja yang mencari donatur, kantor, perlengkapan, mendaftarkan anak Viking semua,” tandasnya. (bbs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan