Lakukan Evaluasi Debat Ketiga

JAKARTA -Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera melakukan evaluasi debat ketiga. Meski mereka mengklaim penyelenggara pemilu ini merasa puas dengan penyelenggaraan debat ketiga Pilpres 2019 karena lebih baik dari debat sebelumnya.

Komisioner KPU Hasyim Ashari menjelaskan, pasca debat ketiga, pihaknya siap mengevaluasi keseluruhan jalannya debat. Evaluasi akan mengikutsertakan televisi (TV) penyelenggara, kedua tim paslon, pihak TNI dan Polri serta Bawaslu.

Hayim menjelaskan, sampai hari ini belum ada komplain yang di sampaikan kedua kubu kepada KPU. “Besok (19/3) kami akan undang semuanya. Sekaligus tv penyelenggara untuk debat berikutnya. Sehingga semua persiapan matang. Kita juga akan membahas segmen per segmen. Apakah ada perubahan atau tidak,” katanya di depan Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat.

Terpisah, Komisioner KPU, Ilham Saputra mengatakan, selama pelaksanaan debat ketiga, seluruhnya berjalan efektif. Hal ini dibuktikan dengan tidak ada konflik, friksi dan kericuhan yang terjadi saat kegiatan kemarin berlangsung.

“Debat cawapres kali ini berlangsung lebih kondusif. Tak ada lagi perselisihan antarpendukung kandidat,” tuturnya.

Dirinya menilai tidak adanya perselisihan pada debat kali ini salah satunya karena hasil kerja Komite Damai. Komite ini baru dibentuk KPU pada debat ketiga dan diisi oleh perwakilan tim kampanye kedua paslon, KPU, serta Bawaslu.

“Komite damai ini bekerja sangat baik sekali menurut saya. Dari awal sampai akhir debat dikomunikasikan, sehingga tak muncul friksi-friksi atau konflik-konflik yang dapat menganggu jalannya debat seperti debat-debat sebelumnya,” kata Ilham.

Selian Komite Damai, Ilham juga mengapresiasi performa moderator, Alvitto Deannova Ginting dan Putri Ayuningtyas. Keduanya dinilai berhasil mengatur lalu lintas debat dengan baik dan terarah.

“Moderator cukup baik hari ini. Bagaimana moderator dapat mengendalikan kedua pendukung. Para pendukung ketika bersorak, ketika melakukan dukungan pada calonya ketika diberi tanda berhenti mereka langsung berhenti. Ini kan saya kira menjadi contoh yang baik untuk debat-debat berikutnya,” ujar Ilham.

Meski begitu, KPU tetap akan melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan debat ketiga. Evaluasi akan melibatkan tim kampanye kedua paslon, serta Bawaslu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan