Kota Bandung Berhasil Raih Opini WTP

BANDUNG– Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung kembali menorehkan prestasi. Kali ini, Pemkot Bandung sukses meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecua­lian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Senin (27/5/2019).

Prestasi ini menjadi catatan sejarah mengingat untuk pertama kalinya Pemkot Bandung meraih WTP.

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK atas Laporan Keu­angan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2018 tersebut diserahkan oleh Kepala Per­wakilan BPK Provinsi Jawa Barat, Arman Syifa.

“Dalam kesempatan ini per­kenankan kami mengucapkan selamat atas prestasinya me­raih opini baik, setelah bebe­rapa tahun terakhir dengan opini Wajar Dengan Pengecua­lian. Saya yakin ini diperoleh dari upaya sungguh-sungguh seluruh jajaran pemerintahan dalam pengelolaan dan per­tanggungjawaban keuangan,” kata Arman di Kantor Wi­layah BPKP Provinsi Jawa Barat, Jalan Moch. Toha, Bandung, Senin (27/5/2019).

Sementara itu, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial sangat bersyukur akhirnya upaya keras di awal kepemim­pinannya ini membuahkan hasil. Dia meyebut, torehan positif ini merupakan buah manis kerja keras seluruh elemen di Pemkot Bandung.

“Sesungguhnya yang dila­kukan kami adalah berupaya membangun rekonsiliasi. Sejak saya dilantik dan kami terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait ya teru­tama di internal. Ya kita ber­hasil mendapatkan opini WTP dari BPK dan alhamdulillah kita respon positif,” ucap Oded.

Kendati merasa lega dan bangga bisa meraih WTP dari BPK, namun Oded meng­ingatkan kepada seluruh pihak di Pemkot Bandung jangan sampai terlena. Justru, dia menegaskan, hasil ini harus menjadi pelecut motivasi untuk meningkatkan kinerja.

“Harapan saya tentu saja setelah kita mendapat WTP sama dengan kota kabupaten lain kita harus terus mening­katkan kinerja kita dalam hal penataan keuangan daerah yang baik. Apalagi bulan Ra­madan, insyallah WTP yang berkah,” ujarnya.

Oded lantas mengungkap­kan, salah satu perjuangan keras untuk bisa meraih WTP ini yakni menertibkan aset milik Pemkot Bandung.

“Kita dari dulu sudah keta­huan bahwa kekurangan kita di aset daerah. Alhamdulillah ketika saya dilantik, Pak Yana dan semua dinas terkait dari BPKA dan Pak Sekda semua kawan-kawan inspektur semua alhamdulillah dengan seman­gat, tinggal sedikit ya,” terang­nya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan