KONI Cimahi Bina 20 Atlet Muda Sejak Dini

CIMAHI – Sebanyak 20 atlet muda yang berasal dari tujuh cabang olahraga (Cabor) diproyeksikan bisa mengharumkan nama Kota Cimahi pada ajang Pekan Olahraga Daerah (Porda) 2022 mendatang.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Cimahi, Trenggono mengungkapkan, saat ini ke 20 atlet muda tersebut sudah terikat kontrak dengan pihaknya untuk dibina agar tidak pindah membela daerah lain.

”Sejak tahun ini mereka kita ikat dengan pemberian uang pembinaan. Memang tidak besar tapi lumayan lah,” ungkap Trenggono, di Kantor KONI Cimahi, Jalan Sisimangaraja, Kelurahan Setiamanah, baru-baru ini.

Dia menyebutkan, 20 puluh atlet tersebut berasal dari cabor senam sebanyak empat orang, taekwondo dua orang, bulutangkis lima orang, renang dua orang, atletik dua orang, menembak tiga orang dan tarung drajat dua orang.

”Usia mereka antara 12 sampai 18 tahun. Kita siapkan sejak dini. Anak-anak itu diprediksi bisa mendapatkan prestasi nanti di Porda XIV,” paparnya.

Menurut dia para atlet yang di kontrak selama durasi empat tahun tersebut sebagai bagian dari program pembinaan jangka panjang dari pihak KONI Cimahi.

”Sebenarnya kita tidak memiliki anggaran untuk itu. Tapi kita memanfaatkan anggaran yang ada saja,” ujarnya.

Dia berharap dengan pengikatan ini, para atlet bisa bertanggungjawab dengan apa yang sudah mereka terima dan sepakati.

”Kontraknya kita lengkapi dengan fakta integritas, sehingga ada sanksi ketika atlet mencoba untuk hengkang ke daerah lain. Kita ingin sungguh-sungguh melakukan pembinaan, karena kita berkaca pada Porda sebelumnya, atlet selalu berpindah,” jelasnya.

Selain dengan kontrak, KONI Kota Cimahi juga terus berusaha menanamkan rasa cinta daerah kepada para atlet agar mereka tidak dengan mudah pindah membela daerah lain.

”Kita tanamkan rasa bela Cimahi, agar ada regenerasi, loyalitas yang dibangun,” tegasnya.

Sementara untuk tahun depan, pihaknya juga berencana menambah jumlah kontrak untuk atlet muda berpotensi lainnya.

”Insyaallah kita buat kontrak untuk 40 atlet, sekarang kita akan berupaya mempertahankan atlet yang ada dulu,” pungkasnya.(ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan