Kongres II NasDem Bakal Bahas Pilkada 2020 Hingga Pilpres 2024

JAKARTA – Partai NasDem akan menggelar Kongres II di Jakarta Internasional Expo atau JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, 8-11 November nanti.

Ketua DPP Partai NasDem Amelia Anggraini menyebut agenda kongres kali ini untuk konsolidasi internal. Selain itu juga untuk membahas kepengurusan baru partai.

”Selain ajang konsolidasi, di dalam agenda kongres ini juga ada transformasi kepengurusan,” kata Amelia saat menggelar keterangan resmi terkait Kongres II NasDem di kantor DPP NasDem, Jakarta Pusat, kemarin (6/11).

Kemudian, kata dia, agenda kongres merumuskan kebijakan strategis NasDem untuk lima tahun ke depan. Seperti membahas agenda Pilkada serentak 2020 dan Pilpres 2024.

”Di samping itu juga merumuskan kebijakan-kebijakan strategis lima tahun ke depan. Kami ketahui bahwa 2020 mendatang akan memasuki agenda politik Pilkada dan 2024 akan masuk pilkada serentak, legislatif dan pemilihan umum,” ucap dia.

Lebih lanjut, ucap dia, Kongres II kemungkinan dihadiri sekitar 8.000 kader NasDem se-Indonesia. Kemudian rangkaian acara ditutup dengan perayaan ulang tahun NasDem ke-8. ”Peserta yang akan hadir dalam kongres ini adalah 7.000 orang peserta yang terdaftar saat ini, dan masih bertambah kemungkinan sekitar 8.000 bisa datang pesertanya,” timpal dia.

Di sisi lain, rencananya, partai pimpinan Surya Paloh itu juga mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, serta Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri hadir.

Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G Plate menyatakan, pihaknya mengundang para ketua umum parpol untuk menghadiri penutupan kongres pada 11 November mendatang. ”Saat ini proses undangan sedang dilakukan dan setelah itu nanti ada proses konfirmasi dan rekonfirmasi,” kata dia di di kantor DPP NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (6/11).

Johnny menegaskan, penutupan Kongres II Partai NasDem merupakan agenda penting. Sebab, pada tanggal itu pula NasDem merayakan ulang tahunnya yang kedelapan.

Oleh karena itu NasDem mengundang Presiden Jokowi untuk menghadiri penutupan kongres tersebut. ”Jika tidak ada aral melintang, kami tentu berharap Presiden RI dapat hadir pada puncak acara kongres dengan menutupnya,” ucap dia.

Adapun agenda Kongres II NasDem adalah pemilihan ketua umum, persiapan Pilkada 2020, serta pembahasan strategi untuk lima tahun ke depan. Khusus untuk pemilihan ketua umum, Johnny menegaskan bahwa besar kemungkinan Surya Paloh akan kembali terpilih secara aklamasi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan