69

Kolabolarasi Peduli Lingkungan

Tanam Pohon di Das Sub Citarum

KOLABOLARASI LINGKUNGAN: tokoh penggiat lingkungan, Kapolsek Pasirjambu, kepala Desa Cisondari dan Masyarakat usai melakukan penanaman pohon dibantaran Sungai Cisondari Sud DAS Ciwidey Kamis, (10/1)

SOREANG – Sebagai bentuk kerja nyata dalam kepedulian lingkungan, Kapolsek, Kepala Desa dan Tokoh Penggiat lingkungan melakukan penanaman pohon dan pembersihan sampang di sepanjang bantaran sungai Cisondari kecamatan PasirJambu Kabupaten Bandung kemarin, (10/1)

Rudi Wirasasmita Kepala Desa Cisondari mengatakan,  pihaknya terus menggalakan sosialisasi dan menggelar pertemuan dengan masyarakat agar semua warga Cisondari menjadi pelaku dalam penanaman pohon karena bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Terlebih diwilayahnya sudah memiliki kelompok ecovillage sejak tahun 2014.

’’ Ini semata-mata untuk terus melakukan kepedulian terhadap lingkungan,” Katanya Kepada wartawan disela penanaman pohon di bantaran sungai Cisondari kemarin, (10/1)

Menurutnya, kegiatan peduli lingkungan dengan membersihkan sungai dan penanaman pohon sepanjang bantaran sungai dilakukan secara bersama sama antara pemerintah Desa, masyarakat, Intansi kepolisian dan penggiat lingkungan. Dengan begitu, lingkungan disekitar sungai benar benar bersih dan ekosistemnya tetap terjaga.

Sementara itu, aktivis lingkungan dan ketua yayasan Walatra Eyang Memet mengatakan, kegiatan penanaman pohon tersebut tidak hanya sebagai eporia atau seremonial saja namun sebagai bentuk kerja nyata dan sinergitas komunitas dan lembaga pemerintahan Desa Cisondari, Sektor Pasirjambu dan masyarakat kecamatan pasirjambu.

’’Ini juga merupakan dorongan kepada program Citarum Harum, karena perbaikan anak sungai merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan program perbaikan citarum harum,” jelas Eyang

Dia mengatakan, kegiatan tersebut diharapkan menjadi pilot projek untuk kepedulian lingkungan khususnya ditingkat desa.

yang ada di kabupaten Bandung.

“Kepedulian terhadap lingkungan harus bersama sama dilakukan, apalagi dengan adanya pembangunan Spam Gambung unuk perusahaan PDAM,” katanya

Sementara itu Kapolsek Pasirjambu AKP Septa Firmansyah SH SIK mengatakan, untuk suksesnya kerja nyata kepedulian lingkungan. Dirinya menerjunkan seluruh personil Mapolsek untuk ikut berpartisipasi dalam acara bersih bersih dan menanam pohon.

“Kami menerjunkan semua anggota Mapolsek untuk berpartisipasi membersihkan sungai dan menanam pohon dibantaran sungai Cisondari,” katanya (rus/yan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.