Ketua DPRD Cimahi Dipastikan Diduduki PKS

CIMAHI – Partai Gerindra Kota Cimahi harus gigit jari melihat penetapan hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi. Sebab, partai besutan Prabowo Subianto itu kemungkinan tak akan mendapatkan jatah sebagai Ketua DPRD Kota Cimahi periode 2019-2024.

Padahal, raihan kursi Partai Gerindra dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sama-sama mendapat tujuh kursi. Namun, Partai Gerindra kalah jumlah total suara dibandingkan dengan PKS.

Berdasarkan data yang dihimpun dari KPU Kota Cimahi, jumlah suara sah yang diperoleh PKS mencapai 53.950 suara sah. Unggul jauh dari Partai Gerindra yang meraih 41.937 suara sah.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, lalu turunanya di Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018, salah satu penentuan unsur pimpinan adalah jumlah suara keseluruhan. Dengan begitu, posisi Ketua DPRD Kota Cimahi kemungkinan akan didapat PKS.

Ketua DPC Partai Gerindra Kota Cimahi, Bambang Purnomo mengatakan, pihaknya menerima hasil pleno yang ditetapkan oleh KPU Kota Cimahi. Hasil Pemilu 2019, PKS menjadi partai yang mendulang suara terbanyak dibandingkan partainya.

”Kemungkinan besar PKS. Sama-sama 7 kursi, namun jumlah suara PKS lebih besar dari Gerindra. Kita legowo, ikuti aturan karena PKS suaranya lebih banyak,” jelas Bambang saat dihubungi, Senin (29/7).

Dikatakannya, melihat hasil perolehan suara, kemungkinan tidak akan ada istilah lobby-loby politik lagi dengan partai manapun. Partai Gerindra pun harus puas menerima sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Cimahi.

Terpisah, politisi PKS Kota Cimahi, Kania Intan Puspita menegaskan, meski perolehan kursi partainya sama dengan Gerindra, tapi PKS tetap berhak mendapat jatah Ketua DPRD Kota Cimahi. Alasannya, jumlah suara yang didapat PKS lebih banyak dibandinhkan Gerindra.

”PKS secara jumlah suara paling unggul. Kalau pimpinan DPRD sudah pasti PKS yang pegang,” tegas Kania.

Selain itu, sisa dua posisi Wakil Ketua DPRD Kota Cimahi pun sepertinya akan menjadi milik PDIP dan Partai Demokrat meskipun ada juga Partai Golkar yang sama-sama meraih 6 kursi.

Perolehan suara yang diraih PDI Perjuangan Kota Cimahi mencapai 36.255 suara sah. Disusul Partai Demokrat yang meraih 34.541 suara sah dan Partai Golkar dengan raihan 32.681 suara sah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan