Kemenpora Dorong Kreativitas Pemuda Cimahi Melalui Festival Pemuda Kreatif

CIMAHI — Dalam upaya memotivasi dan menyemangati pemuda di Cimahi agar lebih kreatif dan menambah wawasan serta terinspirasi, kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui programnya menggelar festival Pemuda Kreatif, di lapangan Apel Pemerintahan Kota Cimahi, Sabtu (7/12).

Dalam kegiatan yang difasilitasi oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi tersebut, ada 30 stand dari tujuh hasil kreatif pemuda yang dipamerkan, yakni, fashion, film, musik, kuliner, kriya, grafika dan IT. Selain itu acara juga dimeriahkan dengan penyelenggaraan jalan sehat, senam bersama serta berbagai hiburan musik.

Asisten Deputi Peningkatan kreativitas Pemuda di Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora, Drs Djunaedi M.Si mengatakan, pelaksanaan festival ini bertujuan memfasilitasi karya pemuda Cimahi untuk dipamerkan.

“Saya melihat di sini juga ditampilkan pameran berbagai kreatifitas pemuda misalnya ada desain pakaian yang bagus sekali , kemudian ada kerajinan tangan ada kriya. Kemudian di panggung juga ada musik yang tampil dari kota Cimahi itu dalam rangka menberikan motivasi semangat biar mereka terinspirasi biar lebih banyak pemuda di kota Cimahi ini menjadi pemuda yang kreatif dan inovatif,” kata Djunaedi, usai membuka kegiatan, di Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusuma.

Selain memberikan motivasi, lanjutnya, kegiatan ini juga di harapkan ada sinergi lebih dari pihak pemerintah daerah untuk mendorong dan memfasilitasi anak anak muda lokal yang kreatif berkarya.

“Saya berharap melalui dinas pemuda dan olahraga mereka (pemuda krerif) bisa difasilitasi. Saya tadi melihat ada produk bagus di pameran ini, yaitu sebuah robotik dari mahasiswa satu perguruan tinggi. Yang saya kira produk robotnya itu bisa ditampilkan di festival atau lomba lomba internasional. Saya kira sudah waktunya ditampilkan, karena mutunya sudah baik,” harapnya.

Setelah melihat hasil-hasil karya pemuda Cimahi, Djunaedi menilai, karya-karya tersebut sudah menggambarkan jika pemuda Kota Cimahi dan sekitarnya yang ada di Jawa Barat (Jabar) sangat kreatif dan inovatif.

Dia menjelaskan, saat ini pihaknya masih terbatas dalam segi anggaran. Sehingga di 2019 ini, hanya ada delapan Kota/kabupaten saja yang sesuai denga bidang kreatifitas yang menyelenggarakan kegiatan Festival Pemuda Kreatif seperti ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan