Kemenag Minta Kelola Pendidikan Islam Berkualitas

JAKARTA – Dalam upaya menyamakan persepsi dan cara pandang mengembang­kan pendidikan agama Islam di Indonesia, Kementerian Agama (Kemenag) mengum­pulkan seluruh jajaran peja­bat pada Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) tingkat kabupaten/kota se-Indonesia.

Menteri Agama (Menag) Luk­man Hakim Syaifuddin dalam sambutannya mengatakan, pertemuan ini digelar untuk membahas moderasi agama sekaligus mengembangkan pendidikan Islam di Indonesia.

Sebab agama Islam yang realitanya sebagai mayoritas di Indonesia menjadi satu hal yang strategis. Untuk itu pi­haknya meminta jajaran yang ada di Kemenag mengelola pendidikan Islam dengan kualitas yang baik.

”Kalau bicara Kemenag itu, sesungguhnya wajah baik-buruk Kemenag itu amat sangat tergantung dari sau­dara ini. Saudara-lah yang di setiap kabupaten atau kota seluruh Tanah Air ini yang paling menguasai, yang paling memahami bagaimana ke­hidupan keagamaan di daerah saudara sekalian,” kata Luk­man, dalam acara Halaqah Pengembangan Pendidikan Islam (HAPPI) 2019, di Mer­cure Convention Centre An­col, Jakarta Utara, Senin (11/3).

Dijelaskannya, pendidikan agama tidak sekadar bertukar atau saling transfer ilmu. Namun yang jauh lebih pen­ting adalah mempraktikkan atau mengamalkan ajaran agama tersebut. Sebab Peng­amalan tersebut menjadi esensi dari pendidikan juga menjadi esensi dari agama itu sendiri. Bahkan, agama itu esensinya adalah perilaku, akhlak, semua agama.

”Agama itu bukan pengeta­huan saja, bukan untuk didis­kusikan, untuk diperdebatkan apalagi, bukan. Agama itu dia­malkan dan itulah ilmu,” jelasnya.

Lukman berharap, ke depan program pengembangan pen­didikan Islam memiliki ke­samaan visi meski di setiap daerah memiliki cirinya ma­sing-masing. Namun dia ingin memastikan langkah yang dilakukan searah sesuai dengan rencana yang telah disusun.

”Tapi yang jauh lebih pen­ting adalah sebagaimana pengetahuan yang kita mi­liki itu mewujud dalam praktik dalam amalan,” pungkasnya.(bbs/ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan