Kelelahan, Ketua KPPS Meninggal

CIMAHI – Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Tempat Pemungutan Suara (TPS) 81 yang berlokasi di RT 06 RW 08 Kelurahan Cigugur Tengah, Kecamatan Cimahai Tengah Kota Cimahi, Nana Sudiana,53, hembuskan nafas terakhir usai pelaksanaan Pemilu 2019. Meninggalnya Nana diduga karena kelelahan.

Anak kandung Nana, Rian,25, mengatakan, sebelum meninggal dunia, Nana sempat mengeluhkan sesak nafas sejak hari pemungutan surat suara pada 17 April 2018 lalu.

Namun, ia terus memaksakan untuk menjalankan tugasnya hingga malam hari, kemudian keesokan harinya pria yang juga bekerja sebagai guru olahraga di SDN Cigugur Tengah ini langsung mengajar renang hingga kondisinya semakin menurun.

”Pas malam harinya bapak itu begadang, lalu melanjutkan pekerjaannya di kelurahan. Terus hari Sabtu berobat karena sesak nafasnya kerasa lagi,” ujar Rian saat ditemui di rumah duka, Minggu (21/4).

Dia mengatakan, mendiang Nana sempat dibawa ke Rumah Mall, namun di rumah sakit tersebut tidak ada dokter jaga, sehingga langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat dan langsung mendapat perawatan.

”Tapi saat bapak mendapat perawatan sudah tidak bernafas, segala cara sudah dilakukan. Dokter juga bilang kemungkinan terburuknya bapak sudah tidak ada (meninggal),” ujarnya.

Mendiang Nana, lanjut dia, meninggal sekitar pukul 06.00 WIB di RSUD Cibabat dan dimakamkan sekitar pukul 10.00 WIB di tempat pemakaman umum yang tak jauh dari kediamannya. Nana meninggalkan istri dan tiga orang anak yang semuanya sudah dewasa.

Kakak ipar mendiang Nana, Wawan Juanda, 56, menambahkan, sebelum mengalami sesak nafas, Nana diduga kelelahan karena kurang istirahat saat menjalankan tugasnya.

”Sejak hari Selasa beliau sudah sibuk menjalankan tugasnya dan Kamis sekitar pukul 10 pagi baru bisa istirahat, itupun sudah mengeluh kelelahan,” imbuhnya.

Sementara itu, Lurah Cigugur Tengah, Yuyus mengaku pihaknya belum menerima laporan petugas KPPS lain yang mengalami sakit karena kelelahan, selain Nana Sudiana yang sudah meninggal dunia.

”Untuk sementara tidak ada laporan petugas KPPS yang sakit, selain pak Nana, semoga semuanya tetap sehat jangan ada yang sakit lagi,” ucapnya.(ziz)

Tinggalkan Balasan